SHARE THIS ARTICLE
http://www.bilan.ch/sites/default/files/topelement_360.jpg
http://www.bilan.ch/sites/default/files/topelement_360.jpg

Bingung saat berhadapan dengan toilet di Jepang? Anda bukan satu-satunya yang mengalami itu. Toilet di Jepang yang kelewat canggih dengan banyak tombol memang mengesankan sekaligus membingungkan.

Tidak sedikit traveler yang dibuat bingung saat memakai toilet di Jepang. Dilansir oleh detikTravel, salah satu produsen toilet kenamaan Jepang, TOTO, membuat survey dari 600 warga asing yang tinggal di Jepang, Senin (19/1/2015).

Bagi Anda traveler yang pernah ke Jepang dan merasakan langsung ‘kehebohan’ toiletnya, mungkin sudah tahu betapa membingungkannya toilet di sana. Umumnya, toilet di Jepang terbagi menjadi dua, yang modern dan yang tradisional.

Toilet modern yang duduk dengan banyak tombol dan instruksi dalam tulisan Jepang mungkin adalah yang tengah populer di Jepang. Adapun Anda masih dapat menemukan toilet jongkok di beberapa tempat di Jepang.

Toilet di Jepang yang modern (Anton Tri Sutrisno/d'Traveler)
Toilet di Jepang yang modern (Anton Tri Sutrisno/d’Traveler)

Pihak TOTO sendiri bertanya seputar pilihan toilet, lebih baik toilet duduk atau jongkok? Jawabannya, lebih dari mayoritas 80% responden lebih memilih toilet duduk daripada jongkok. Toilet duduk lebih disukai oleh turis asing karena tidak melelahkan.

Sejumlah 32% responden juga menyukai ketersediaan air panas di toilet duduk. Di sisi lain, tidak sedikit turis asing yang dibuat bingung oleh berbagai tombol di toilet duduk. Kebanyakan instruksi memang dalam bahasa Jepang.

Pakai remot (Anton Tri Sutrisno/d'Traveler)
Pakai remot (Anton Tri Sutrisno/d’Traveler)

Salah satu responden laki-laki yang ternyata berasal dari Indonesia pun punya pendapat sendiri. Selain bingung soal tombol di toilet Jepang, sang traveler malah keasyikan memencet semua tombol untuk tahu apa fungsinya.

Pihak TOTO juga bertanya, masalah terbesar apa yang para turis asing jumpai saat pertama kali memakai toilet di Jepang. Jawabannya, para turis asing kebingungan bagaimana tata cara memakai toilet jongkok. Yang bingung pun juga termasuk turis yang punya toilet jongkok seperti Indonesia.

Seorang turis Amerika bahkan malah jongkok di atas jambangan toilet jongkok karena tidak paham. Instruksi di toilet jongkok memang ada, tapi memang masih dalam bahasa Jepang. Padahal ada gambarnya juga sih sebenarnya.

Toilet jongkok di Jepang (Getty Images)
Toilet jongkok di Jepang (Getty Images)

Namun terlepas dari segala kebingungan yang ada soal toilet, rakyat Jepang boleh berbangga. Sekitar 93,6% responden berpendapat kalau toilet umum di Jepang lebih bersih daripada toilet di negara asalnya. Soal kebersihan toilet Jepang, para turis sepakat satu suara.

Baca juga soal toilet di Jepang yang tidak kalah dengan toilet di hotel berbintang di sini.

Source : travel.detik
COMMENT