SHARE THIS ARTICLE

Ramen merupakan hidangan tradisional khas Jepang yang dibuat dengan kuah yang ditambahkan tepung sagu untuk membuat kuah mie mengental. Walau awalnya jenis ramen dibagi menjadi empat rasa yang khas, yaitu shoyu, miso, tonkotsu (babi), dan shio (garam), ramen sendiri ternyata memiliki banyak jenis dengan beragam rasa, dan tiap ramen dari restoran di berbagai prefektur di Jepang saling bersaing dengan jenis ramen lainnya dari seluruh Jepang. Tapi, jenis ramen mana sih yang paling disukai orang Jepang?

Survei Jenis Ramen yang Paling Disukai Di Berbagai Prefektur Jepang  (2)
Merah = shoyu, kuning = miso, hijau = tonkotsu, biru = shio (image: vote.smt.docomo)

Dilansir dari grapee.jp, untuk menemukan ramen pilihan terbaik orang-orang di Jepang, baru-baru ini diadakan beberapa penelitian di seluruh prefektur di Jepang. Dengan jumlah suara sebagian besar berasal dari daerah utara seperti Tokyo dan Hokkaido, hasil statistik gabungan dari penelitian itu menunjukkan bahwa ramen shoyu menempati peringkat pertama.

Sedangkan ramen tonkotsu paling disukai di daerah Kyushu yang terdiri dari empat bagian utama dari selatan Jepang, dan Fukuoka. Sementara ramen miso paling disukai di beberapa prefektur lainnya seperti Chiba, Akita, Gunma, serta Okinawa; dan ramen shio paling disukai oleh orang-orang di kawasan Laut Jepang seperti di Shimane, Ishikawa, dan Fukui.

Bagaimana dengan pilihan kalian?

Source : grapee.jp
COMMENT