SHARE THIS ARTICLE

Saat masih kecil dulu, apa pekerjaan impian Anda? Biasanya, pekerjaan yang banyak diminati adalah dokter, polisi, pemadam kebakaran, presiden dan sebagainya. Ketika Anda semakin dewasa, pekerjaan seperti akuntan, kerja di kilang minyak, pengacara dan sebagainya bisa jadi pekerjaan yang banyak dipilih. Semua itu sudah biasa.

pekerjaan-aneh-di-jepang (1)

Di Jepang, ada beberapa pekerjaan yang sebenarnya sangat aneh, namun benar-benar ada. Pekerjaan-pekerjaan aneh itu membutuhkan keahlian yang unik, yang tidak semua manusia memilikinya. Gaji dari pekerjaan aneh itu juga cukup besar. Wah.. Anda tertarik mencobanya? Dilansir oleh en.rocketnews24.com, inilah 7 pekerjaan aneh yang ada di Jepang.

Menjadi Tamu Undangan Palsu di Pesta Pernikahan

pekerjaan-aneh-di-jepang (2)

Setiap orang yang menikah pasti ingin dihadiri banyak sahabat dan keluarga. Namun bagaimana jadinya jika Anda dan pasangan hanya memiliki sedikit teman dan keluarga yang akan datang ke pesta pernikahan? Wah.. bisa-bisa pestanya tidak akan meriah.

Tapi tenang, di Jepang ada jasa khusus menjadi tamu palsu untuk pesta pernikahan. Orang yang menikah bisa menyewa jasa mereka. Mereka tidak hanya sekedar datang, tetapi bisa berakting seolah-olah sudah kenal lama dengan Anda. Mereka juga bisa berpidato atau memberi nasihat pernikahan, layaknya keluarga.

Menarik dan cukup menjanjikan, selain dapat uang, jika Anda menjadi tamu bayaran, Anda juga akan mendapat kado dan bisa dapat makan gratis juga di pesta pernikahan.

Pengetes Kenyamanan Sepatu

pekerjaan-aneh-di-jepang (3)

Anda pasti tidak mau sepatu yang dibeli ternyata menimbulkan lecet bahkan luka karena bahan yang tidak nyaman. Maka berterima kasihlah pada orang-orang yang mau menghabiskan hidupnya sebagai tukang tes sepatu. Mereka datang dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Pekerjaan ini tampak remeh, namun sangat serius, karena ada tiga level para pengetes sepatu, yaitu Primer, Bachelor dan Master. Mereka harus memastikan sepatu itu nyaman dipakai berjalan dan tidak akan melukai kaki konsumen. Gaji mereka cukup besar, yaitu $ 38 – $ 98 (sekitar Rp 450.000 hingga Rp 1.150.000 untuk sekali tes).

Spesialis Pencium Bau Tidak Sedap

pekerjaan-aneh-di-jepang (4)

Semua orang suka hal-hal yang berbau wangi, sedangkan yang berbau tidak enak akan dihindari. Maka tidak perlu heran jika ada pekerjaan khusus sebagai spesialis pencium bau tak sedap atau istilah kerennya Olfactory Measurement Operators. Tugas mereka adalah menemukan sumber bau dan berapa batas bau yang bisa ditoleransi.

Di Jepang, ada undang-undang yang untuk mengatur bau lingkungan. Semua dilakukan sebagai kontrol agar masyarakat tidak menimbulkan hal-hal berbau menyengat yang bisa mengganggu orang lain. Maka dibutuhkan orang khusus yang sudah bersertifikat untuk mengontrol segala jenis bau yang muncul. Wah.. berarti kalau tinggal di Jepang tidak bisa menggoreng sambal terasi dong..

Pembawa Dokumen Rahasia Negara Internasional

pekerjaan-aneh-di-jepang (5)

Banyak dokumen penting dan rahasia harus diserahkan dari satu orang ke orang lain secara langsung. Maka diperlukan jasa seseorang yang sangat dipercaya dan mampu menjaga rahasia dari dokumen-dokumen tersebut. Pekerjaan ini benar-benar ada dan tidak hanya ada di film-film buatan Hollywood.

Tugas pembawa dokumen rahasia adalah menyerahkan langsung dokumen atau data itu pada orang yang berkepentingan. Mereka harus memastikan dokumen itu diberikan pada orang yang tepat. Karena jika salah, keselamatan mereka dan orang lain bisa saja jadi taruhan. Pendapatan mereka cukup besar, antara $ 146 – $ 488 (atau sekitar Rp 1.725.000 hingga Rp 5.800.000 sekali antar.

Pengetes Rasa Cuka

pekerjaan-aneh-di-jepang (6)

Menjadi pengetes camilan atau minuman sudah biasa dan bisa dilakukan cukup baik bagi banyak orang. Namun bagaimana jadinya jika yang dites adalah cuka khusus buatan Jepang? Tentu tidak semua orang punya kepekaan rasa asam yang pekat, tidak semua orang juga mau mencicipi rasa cuka.

pekerjaan-aneh-di-jepang (10)

Namun inilah yang harus dilakukan seorang pengetes rasa cuka atau sering disebut vinegar sommelier. Mereka akan bekerja di keluarga Uchibori yang telah lebih dari 130 tahun memproduksi cuka khusus. Mereka harus memastikan rasa cuka pas, termasuk sensasi di hidung dan langit-langit mulut.

Pengetes Rasa Makanan Anjing

pekerjaan-aneh-di-jepang (7)

Untuk melakukan tes rasa dan keamanan pada makanan manusia, hal ini cukup mudah, karena manusia bisa mencobanya dan memberi tahu rasanya enak atau tidak. Namun lain ceritanya jika yang dites adalah makanan anjing. Tentu sangat sulit menentukan rasanya enak atau tidak jika dites langsung pada anjing.

pekerjaan-aneh-di-jepang (8)

Karena itu, diperlukan orang-orang yang mau menguji rasa dan berbagai hal lain pada makanan anjing. Makanan ini biasanya berbentuk kering dan mirip biskuit. Karena makanan ini untuk hewan, rasanya tentu tak seenak biskuit pada umumnya. Namun gaji yang ditawarkan cukup besar, sekitar $ 98 – $ 195 dolar per hari (atau sekitar Rp 1.200.000 – Rp 2.300.000 per hari).

Peternak Serangga

pekerjaan-aneh-di-jepang (9)

Memiliki peternakan ayam, bebek, sapi, kambing sudah menjadi hal yang biasa. Semua bahan makanan yang sering dikonsumsi manusia memang menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Namun ada juga beberapa peternakan yang mungkin tidak ingin Anda sentuh, yaitu membuka peternakan serangga.

pekerjaan-aneh-di-jepang (11)

Euuuh.. bayangkan Anda harus berkutat dengan kecoa, lalat, kumbang, rayap bahkan serangga penghisap darah. Namun peternakan ini sangat diperlukan, ada yang membutuhkannya sebagai bahan makanan, ada yang membutuhkannya untuk obat dan penelitian. Apakah Anda tertarik membuka peternakan jenis ini?

Sources :
COMMENT