SHARE THIS ARTICLE

Sui Kizakura, Maskot Revitalisasi Kota Higashiyuri 0

Untuk memajukan sebuah kota dalam hal industri dan pariwisata, Jepang selalu memiliki cara unik. Salah satunya adalah pendekatan budaya populer melalui karakter 2D yang lucu dan menarik. Kini Jepang memiliki satu lagi maskot baru untuk kotanya yaitu Sui Kizakura, maskot moe untuk kota Higashiyuri yang dibuat dengan tujuan revitaliasasi kota.

Sui Kizakura, Maskot Revitalisasi Kota Higashiyuri 2

Higashiyuri memiliki masalah sama seperti kota-kota lain yang terletak di daerah pedesaan. Kota yang terletak di Prefektur Akita ini menghadapi ketidakjelasan terhadap industri agrikultur mereka. Apalagi ditambah dengan tingkat kelahiran Jepang yang terus menurun dan migrasi penduduk ke kota membuat masa depan kota ini menjadi tidak terlihat. Sui Kizukura pun hadir sebagai solusi atas jawaban tersebut untuk menarik minat para orang muda berpartisipasi dalam membangun kembali kota yang pernah memiliki populasi 4.500 jiwa ini.

Sui Kizakura, Maskot Revitalisasi Kota Higashiyuri 1

Gadis 16 tahun berambut biru ini lahir dari tangan ilustrator wanita Mina Toko dengan membayangkan semua potensi alam yang ada dalam kota Higashiyuri. Oleh karena itu Sui memiliki karakter ceria dengan tampilan menarik berbusana bunga. Mulai dari pita rambut, rok sampai bahkan ke tongkatnya, semua mencerminkan energi positif yang akan dibawa kepada para petani untuk kembali bersemangat dalam menggarap ladangnya.

Sui Kizakura, Maskot Revitalisasi Kota Higashiyuri 4

Kini proyek crowdfunding atau penggalangan dana Sui sudah mencapai tahap yang membanggakan dengan total 1,3 juta yen yang sudah terkumpul dan masih akan terus meningkat. Nantinya dana ini akan dipakai untuk pengembangan industri Higashiyuri beserta revitalisasinya. Bahkan Mina memiliki rencana membuat lagu untuk Sui beserta video musiknya.

Ide tersebut langsung menarik perhatian rapper kelahiran Akita bernama Rakan untuk terlibat dalam proyek tersebut. Dia pun membantu dengan membuat lagu untuk Sui menggandeng pengisi suara Yukiko Akiba dalam bagian liriknya. “Mungkin beberapa orang akan menertawakan namun musik yang saya buat dipergunakan bagi Prefektur Akita di mana saya lahir dan dibesarkan adalah kebahagiaan yang besar. Saya akan terus mengawal proyek revitalisasi kota ini sampai berhasil. Tidak akan pernah menyerah,” ujarnya.

Bagaimana menurut kalian terhadap semangat yang ditimbulkan Sui Kizakura yang mampu menggerakkan banyak orang untuk terlibat di dalamnya? Patut dicontoh untuk kota-kota lainnya, bukan?

Source : rocketnews24.com
COMMENT