SHARE THIS ARTICLE

shoji-door-design-2-open

Ya, Anda dapat menggunakan sumpit, dan ya, Anda juga mengucapkan kata “karate” dan “karaoke” dengan benar, namun Anda belum menjadi seorang penggemar Jepang yang fanatik sampai Anda mendandani stopkontak di rumah Anda dengan penutup berbentuk pintu shoji (pintu geser dengan penutup kertas) yang benar-benar tidak perlu namun sangat brilian ini.

Diciptakan oleh penghobi dan blogger Tori Sugimura, kotak kayu kecil ini menampilkan pintu geser yang halus dan kertas washi sebenarnya selain juga fitur desain Jepang tradisional seperti bunga dan bangau.

Buat apa kita memiliki penutup stopkontak yang membosankan jika kita dapat memiliki satu set benda kecil yang indah ini? Walaupun begitu, jika Anda memiliki anak kecil dan Anda ingin menjauhkan mereka dari lubang steker itu, mungkin pintu bergaya Jepang ini akan memiliki efek yang berlawanan.

Dikerjakan seluruhnya dengan tangan, Sugimura telah menciptakan tiga desain shoji yang berbeda, yang ketiganya benar-benar otentik dalam desain dan dapat benar-benar digerakkan.

Pertama adalah desain pintu ganda dasar. Cantik, bukan?

shoji-door

shoji-door-closed

Geser dua pintu tersebut ke samping dan, ta-daa! Stopkontak Anda menunggu!

shoji-door-open
Ah! Lubang yang tak sedap dipandang!

shoji-door-low-shot

Menjauhlah!

shoji-door-low-shot-closed

Sugimura juga bahkan bersusah payah menambahkan kelopak bunga kecil ke sebagian panel kertas di pintu itu, seperti pintu aslinya. Gagang pintu kecil itu juga merupakan sebuah sentuhan yang benar-benar fantastis.

shoji-door-detailing

Untuk stopkontak yang lebih besar, Sugimura juga memiliki model pintu dengan dua sisi!

shoji-door-design-2

shoji-door-design-2-open

Namun, mungkin karya paling luar biasa milik Sugimura adalah model terbarunya, yang menghilangkan bilah dan panel dari pintu itu menjadi sebuah pintu besar yang ditutupi kertas dan menampilkan desain Jepang yang elegan.

shoji-awesome

shoji-awesome-open

shoji-awesome-inside

shoji-awesome-far

shoji-awesome-far-open

Indah. Walau pada awalnya kita melihat bahwa kotak tersebut tidak diperlukan, kita merasa bahwa ada sesuatu yang dituju oleh Sugimura dengan menciptakan penutup berbentuk pintu ini. Andai saja ia dapat menciptakan penyalur kabel yang terbuat dari kayu dengan tema serupa untuk menyembunyikan kabel yang berserakan seperti ular di rumah-rumah atau kantor-kantor…

Untuk melihat lebih banyak karyanya, silakan kunjungi blog milik Tori Sugimura.

Sources :
COMMENT