SHARE THIS ARTICLE

Banyak film terbaik Studio Ghibli merupakan adaptasi dari karya orisinal sang kreator seperti Kiki’s Delivery Service, Whisper of the Heart dan Howl’s Moving Castle. Tetapi di tahun 2016 ini studio animasi dari Jepang tersebut membuat sesuatu yang berbeda dengan mengambil inspirasi dari karya sastra Jepang kuno berjudul Chonju Junbutsu Giga atau Scrolls of Frolicking Animals yang dikenal sebagai manga tertua yang pernah ada.

image: rocketnews24.com
image: rocketnews24.com

Chonju Junbutsu Giga diadaptasi menjadi film animasi pendek atas dasar permintaan Marubeni Shin Denryoku, sebuah perusahaan energi yang berorientasi kepada lingkungan. Mereka mencoba untuk memproduksi energi dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti angin, air dan matahari sehingga rendah polusi. Hal inilah yang menjadi dasar pemilihan cerita ini, di mana Chonju Junbutsu Giga merupakan simbol dari keindahan alam sebelum era industrial Jepang dimulai.

Untuk kalian yang merupakan penggemar Ghibli, karya ini dapat menjadi pengobat rindu usai sang produser dan co-founder Toshio Suzuki mengumumkan bila studio ini tidak akan lagi menggarap animasi sendiri. Kabar baiknya lagi adalah Suzuki akan bertemu sang direktur perusahaan tersebut untuk membicarakan isu lingkungan yang akan dituangkan ke dalam format video. Wah, semoga hasilnya memuaskan dan cepat dirilis ya, minna!

Source : Japan Today
COMMENT