SHARE THIS ARTICLE

ghibli_new_movies_2013

Pada tanggal 13 Desember, Studio Ghibli mengumumkan bahwa mereka akan merilis dua film baru mereka yaitu Kaze Tachinu, yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki, dan Kaguya-hime no Monogatari, yang disutradarai oleh Isao Takahata, secara bersamaan.

Ini adalah kali pertama sejak 25 tahun karya dari sutradara Miyazaki dan sutradara Takahata dirilis pada waktu yang bersamaan sejak Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro) dan Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) dirilis sebagai film double-feature pada tahun 1988 silam. Terlebih lagi, ini akan menjadi kali pertama bagi Studio Ghibli untuk merilis dua film pada hari yang sama secara terpisah.

Kaze Tachinu adalah film berdasarkan manga karya Miyazaki, yang diserialisasikan dalam majalah Monthly Model Graphix, dan menampilkan kehidupan Jiro Horikoshi, seorang chief engineer dari pesawat tempur Zero. Joe Hisaishi bertanggung jawab pada musiknya, dan untuk theme song-nya, produser Studio Ghibli Toshio Suzuki menawarkan secara terbuka pada Yumi Matsutoya saat mereka menghadiri acara unutk rilis Blu-ray film Majo no Takkyubin (Kiki’s Delivery Service) dan Omohide Poroporo (Only Yesterday).

Sementara itu, Kaguya-hime no Monogatari akan menjadi karya pertama Takahata dalam 14 tahun sejak Hohokekyo Tonari no Yamada-kun (My Neighbors the Yamadas). Dikabarkan bahwa Takahata telah mengerjakan proyek ini sejak tahun 2005 silam. Karya ini akan didasarkan pada Taketori Monogatari, yang dianggap sebagai narasi Jepang tertua yang masih ada, dan Takahata bertanggung jawab atas skema asli serta skenarionya. Riko Sakaguchi, yang dikenal lewat drama televisi Watashi ga Renai Dekinai Riyuu, juga akan berpartisipasi dalam pembuatan skenario tersebut.

Baik Kaze Tachinu dan Kaguya-hime no Monogatari akan dirilis pada musim panas 2013 mendatang.

source : cinematoday.jp via tokyohive.com

COMMENT