SHARE THIS ARTICLE

studio-ghibli (1)

Menurut ZakZak, rumah dari animasi terkenal, Studio Ghibli, akan dijual kepada perusahaan media Jepang, Dwango. Berita ini muncul setelah spekulasi online bahwa studio tersebut akan ditutup setelah pensiunnya Hayao Miyazaki, sebuah laporan yang ternyata lebih merupakan kesalahpahaman dari apa pun.

Dwango, yang memiliki situs video streaming Jepang, NicoNico Douga, juga ditetapkan akan bergabung dengan raksasa penerbitan Kadokawa. Ketua Dwango Nobuo Kawakami sendiri adalah mantan karyawan Ghibli.

Dalam terjemahan dari artikel Zak Zak, beberapa sumber mengatakan kepada ZakZak bahwa di balik rencana tersebut, Dwango akan mengambil alih Studio Ghibli, termasuk para staf studio itu. Ini tampaknya tidak hanya mencakup para animator Studio Ghibli, tetapi juga bisnis hak ciptanya. Padahal, ada kemungkinan bahwa tidak semua animator akan membuat lompatan ke Dwango, jika rumor ini benar.

Satu sumber mengatakan kepada ZakZak bahwa kesepakatan yang telah dirumorkan ini bisa sesuai dengan ide Suzuki tentang reorganisasi studio tersebut.

Studio Ghibli sendiri belum memberikan jawaban tentang masalah ini atau merilis sebuah pengumuman resmi mengenai masa depan studio tersebut, tapi seperti yang mereka katakan, tidak ada asap tanpa api.

COMMENT