SHARE THIS ARTICLE

Mantan anggota AKB48 yang memutuskan keluar dari idol group raksasa Jepang di tahun 2013 ini akhirnya singgah ke Indonesia dalam acara Anime Festival Indonesia (AFA ID) 2016 yang digelar di JI EXPO Kemayoran, Jakarta. Usai talkshow-nya dengan fans pada Jumat (16/9), Japanese Station mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Tomomi Itano sebelum dirinya melakukan kunjungan ke theater JKT48. Wanita cantik kelahiran 3 Juli ini pun bercerita banyak tentang karir solo, mimpinya dan fans yang disebutnya sebagai harapan.

Apakah ini pertama kalinya Itano datang ke Indonesia? Apa yang kamu pikirkan tentang Indonesia?

Jadi awalnya saya mendengar tentang Indonesia, tentang Jakarta, adalah pada saat ada JKT48. Saya sangat menantikan kesempatan dapat mengunjungi Jakarta tempat JKT48 berada. Awalnya saya berpikir bahwa Indonesia akan lebih terasa seperti negara di selatan, sebuah pulau di selatan. Namun ternyata sangat metropolitan, banyak bangunan yang tinggi dan karena saya menyukai gedung, saya menjadi ingin tahu lebih banyak tentang Jakarta.

Pernahkan mencoba makanan Indonesia? Mana yang paling Itano suka?

Hmmm…benar juga ya… 

Makan malam tadi malam saya makan nasi goreng. Nasi goreng….rasanya…enak sekali :3

Bagaimana rasanya ketika melakukan penampilan solo dan ada bedanya dengan melakukan penampilan bersama grup?

Hmmm…bagaimana ya…

Dari masa di AKB48 pun sudah beberapa kali ditanya seperti itu…

yang pasti sih…

Kalau ditanya di mana bedanya, bedanya cukup banyak sih..

Kalau berada dalam grup, sesama member dapat melakukan banyak hal dengan saling mendukung. Selain itu jika setiap anggotanya dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya di bidang tertentu yang dikuasainya, misalnya MC-ing dll, maka sebagai grup akan mengeluarkan kemampuan yang luar biasa. Sementara itu kalau solo semuanya adalah kemampuan dari diri sendiri saja.

Maka kupikir, dibandingkan dengan pada waktu bersama dengan grup, hal-hal yang harus kulakukan sendiri, dan hal-hal yang harus kukembangkan bertambah sangat banyak. Selain itu jika pada masa bersama grup aku sering dimanjakan, sejak berkarier solo aku sering merasakan bahwa sebagai seorang artist, aku harus bisa berkembang lebih mandiri. Dari situlah aku merasa bahwa aku ingin mengembangkan diri di bermacam-macam bidang.

Setelah lulus dari AKB48 dan melakukan karir solo, apa tujuan Itano selanjutnya? 

Kalau tujuan sih… tidak ada.

Tapi aku mempunyai banyak impian.

Karena aku merasa jika aku menentukan suatu tujuan, maka aku hanya akan berkembang sampai titik itu saja, maka aku lebih baik tidak memiliki tujuan.

Sementara itu, impianku adalah pertama-tama untuk tampil lagi di panggung-panggung besar di Jepang di mana aku pernah tampil sebagai member AKB48, seperti di Budokan Arena tetapi sebagai seorang solo artist.

Selain itu, karena tahun ini aku memulai Asia Tour, di mana pada Asia Tour kali ini aku akan tampil di 3 lokasi yaitu di Shanghai, Hongkong, dan Peking, aku ingin bisa lebih banyak lagi tempat yang bisa dikunjungi dalam Asia Tour ini, misalnya Indonesia dan lain-lain.

Adakah persiapan khusus atau kebiasaan yang Itano lakukan sebelum tampil? 

Eh? Persiapan atau kebiasaan yang selalu aku lakukan?

Hmmm, ah, aku biasa melakukan image training sehari sebelum hari-H. Jadi semalam sebelum aku tidur, aku membayangkan MC yang akan aku lakukan, atau flow secara keseluruhan.

Apakah yang kamu suka lakukan ketika sedang santai? Adakah hobi tertentu? 

Aku sangat menyukai makan. Jadi sebenarnya tidak hanya di saat libur saja aku sangat menyukai wisata kuliner. Aku juga sangat suka berbincang-bincang ringan dengan temanku. Selain itu pergi ke bioskop pun adalah salah satu caraku untuk rileks.

Apa arti fans bagi seorang Tomomi Itano? Adakah pesan khusus kepada semua fans di Indonesia? 

Ya…

Apa ya.. (sejenak terdiam)

Bagiku, mereka adalah “Harapan.” Terutama fans dari luar negeri. 

Karena ada mereka, maka aku bisa melakukan pertunjukan di sana. Aku bisa beraktivitas benar-benar karena ada fans. Aku ingin mempersiapkan dan menampilkan pertunjukan yang sesuai dengan harapan para fans jika aku bisa tampil di Indonesia. Karena aku ingin membuat sebuah penampilan yang bisa menjawab harapan dari kalian semua, maka aku ingin kalian semua menantikan tibanya saat pertunjukan itu terwujud.

Terima kasih kepada Tomomi Itano atas pertemuan yang menyenangkan. Seberapa besar harapan kalian agar Tomomi Itano bisa mengadakan pertunjukan di Indonesia?

Translator: D. J. Abraham Samallo
Foto: Resky Ramadhan

COMMENT