SHARE THIS ARTICLE

Sharp Corp. telah mengembangkan smartphone “sopan” yang akan menyapa pemiliknya dengan “Selamat datang kembali” setelah kembali dari perjalanan bisnis, atau menasihatinya, “Saya mendengar mungkin akan hujan hari ini. Jangan lupa membawa payung.”

Smartphone buatan Sharp yang dapat berbicara  (Aki Fukuyama)
Smartphone buatan Sharp yang dapat berbicara (Aki Fukuyama)

Model pertama dari Sharp yang akan memiliki fitur ini adalah Aquos Zeta SH-01G, yang akan mulai dijual oleh NTT DoCoMo Inc. akhir bulan ini.

Perangkat ini dapat mengenali situasi dan kemudian berkomunikasi dengan pemiliknya sesuai keadaan, seperti ketika pemiliknya hendak tidur atau keluar untuk bekerja.

Perangkat ini dapat mengenali lokasi rumah pemiliknya setelah beberapa hari penggunaan melalui global positioning system (GPS) built-in dan sensor pendeteksi gerakan.

Fitur baru tidak menawarkan percakapan dua arah. Ini hanya terlibat dalam komunikasi satu arah, seperti memberikan informasi tentang berbagai hal seperti acara-acara yang ada di sekitarnya atau yang akan datang berdasarkan analisis dari di mana perangkat pemiliknya berada pada waktu tertentu. Perangkat ini juga memberikan pengingat seperti, “Hari ini adalah hari ke-100 sejak kita pertama kali bertemu.”

Di luar rumah, perangkat ini tidak berbicara, tetapi hanya memberikan informasi melalui pesan di layar.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT