SHARE THIS ARTICLE

Menanggung populasi penduduk yang sangat padat bukanlah hal yang mudah. Begitulah akhirnya pemerintah Jepang menyerukan pembangunan salah satu mega proyek terbesar di dunia, Sky City 1000.

Sky City 1000 (1)

Proyek legendaris itu telah puluhan tahun dipublikasikan Takenaka Corporation. Dalam sepuluh tahun terakhir, popularitasnya terus tumbuh dan semakin kuat.

Saat itu, pemerintah Jepang sedang kewalahan mengatasi kepadatan penduduk dan hunian untuk menaunginya. Sky City 1000 lantas dibangun dan dianggap dapat menjadi evolusi kota masa depan serta menjadi gedung pencakar langit super.

Di dalamnya, Sky City 1000 akan dilengkapi dengan sejumlah mal, pusat jajanan dan makanan, hunian, pusat rekreasi hingga taman-taman yang asri. Gedung tinggi itu dirancang khusus agar dapat menampung sekitar 160 ribu orang di dalamnya.

Bagaimana penampakan salah satu proyek bangunan super ternama dunia yang tengah dibangun di Tokyo tersebut?. Berikut ulasannya seperti dikutip dari skycraperpage.com, emporis.com, japan-guide.com, serta sejumlah sumber lainnya, Kamis (7/8/2014):

Proyek legendaris sejak 1989

Sky City 1000 (2)

Proyek Sky City 1000 pertama kali diusung pada 1989. Pembangunan gedung tersebut sekaligus demi menunjukkan pertumbuhan ekonomi Jepang.

Di era tersebut, populasi penduduk berkembang sangat cepat seiring dengan perekonomian yang mengalami masa keemasan. Peningkatan jumlah penduduk yang sangat cepat membuat Jepang kekurangan lahan hunian.

Langkanya lahan hunian tentu membuat harga tanah dan properti semakin menjulang. Dengan kondisi tersebut, pemerintah Jepang akhirnya mengusulkan pembangunan sebuah proyek masa depan yang dapat menampung banyak penduduk.

Ubah mimpi jadi kenyataan

Sky City 1000 (3)

Kondisi langkanya lahan membuat para pengusaha menghabiskan uang sangat besar untuk membangun rumah dan komplek perkantoran. Tapi proyek Sky City 1000 setinggi 1.000 meter tersebut dapat menghemat biaya pembelian lahan yang terlalu luas.

Tak heran, sejak pengumuman konsep proyek pada 1989, rancangan gedung tersebut telah mengundang perhatian di dunia. Banyak pihak yang berharap gedung tersebut dapat terealisasi dan menjadi salah satu harta karun dunia di masa depan.

Di gedung tersebut, terdapat sekitar 35 ribu penduduk dapat tinggal. Tak hanya itu, gedung perkantorannya juga dapat menampung 100 ribu karyawan.

Tak hanya apartemen dan perkantoran, di dalamnya juga terdapat kantor, fasilitas komersil, sekolah, bioskop hingga taman. Semuanya akan ditata dengan baik di gedung tersebut.

Jadi gedung tertinggi di dunia

Sky City 1000 (4)

Proyek Sky City 1000 rencananya akan dibangun di Tokyo. Dengan ketinggian 1.000 meter, Sky City diprediksi dapat menandingi ketinggian Burj Khalifa dan menjadi gedung tertinggi di dunia.

Gedung tersebut rencananya baru akan rampung dibangun sekitar 20 tahun ke depan. Biaya pembangunannya diprediksi dapat mencapai triliunan rupiah.

Tak tanggung-tanggung, sebuah lift raksasa disediakan untuk mengangkat penduduk ke lantai yang diinginkannya. Lift tersebut diprediksi dapat menampung sekitar 70 orang.

COMMENT