SHARE THIS ARTICLE

20130124_akb48_solong_typeb-300x263

Single terbaru dari grup idola AKB48, So Long yang dirilis tanggl 20 Februari lalu, terjual sebanyak 1.036.000 kopi pada minggu pertama setelah rilis, dan memuncaki daftar peringkat mingguan Oricon pertanggal 4 Maret mendatang.

Single So Long ini akan menjadi single ke 17 beruntun dari AKB48 yang memuncaki daftar mingguan Oricon sejak dimulai dari single “RIVER” (rilis Oktober 2009). Selain itu, AKB48 juga memperbarui rekor atas nama mereka sendiri sebagai yang terbanyak dalam “Pemuncak daftar Oricon secara beruntun” dan juga “total single yang memuncaki tabel Oricon Chart”. Lebih dari itu, ini adalah single ke 11 beruntun mereka (dan 12 dari seluruhnya) yang terjual lebih dari 1 juta kopi sejak “Sakura no Ki ni  Narou” (rilis Februari 2011 lalu). Dari seluruh single yang terjual lebih dari 1 juta kopi itu, 10 dari single tersebut mencapai total 1 juta kopi hanya dalam minggu pertama penjualannya.

Pencapaian AKB48 yang dapat menjual 10 single mereka lebih dari 1 juta kopi dalam minggu pertama penjualannya sangat mengesankan mengingat semenjak Oricon merilis ranking pada tahun 1968 lalu, hanya ada 3 single selain AKB48 yang dapat terjual lebih dari 1 juta kopi pada minggu pertamanya. Single-single tersebut adalah “Namonaki Uta” (Mr. Children, 1996) , “Dango 3 Kyoudai” (Hayami Kentaro dkk, 1999) dan “Addicted to You” (Utada Hikaru, 1999). Dan sebagai tambahan, tidak ada artis lain selain AKB48 yang bisa mendapatkan pencapaian ini dengan lebih dari 1 single.

Saat ditanya tentang single So Long yang memuncaki daftar Oricon dengan lebih dari 1 juta kopi pada minggu pertama penjualannya, Watanabe Mayu mengatakan “Saya diberitahu kalau single “So Long” di mana saya menjadi center untuk pertama kalinya, mencapai penjualan 1 juta kopi, dan kami adalah satu-satunya yang mendapatkan rekor “Artis dengan 10 single beruntun yang menjual 1 juta kopi pada minggu pertama penjualan”. Saya sangat senang, dan sangat berterima kasih kepada fans yang selalu menyemangati kami, dan staf member yang selalu mendukung kami.”

Source : Oricon, Tokyohive

COMMENT