SHARE THIS ARTICLE

Japan’s-prime-minister-Shinzo-Abe

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada Minggu, 23 Maret bertolak menuju Den Haag, Belanda guna menghadiri KTT Nuklir dan pertemuan trilateral dengan Presiden Amerika Serikat dan Presiden Korea Selatan.

Abe bersama dengan para pemimpin dari 52 negara lainnya akan ikut dalam KTT Keamanan Nuklir yang akan diadakan di Den Haag. Mereka diperkirakan akan membahas cara-cara mencegah serangan teroris yang menggunakan senjata nuklir.

Di sela-sela KTT tersebut, Abe akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye. Ia juga akan menghadiri pertemuan darurat negara-negara industri G7 guna membahas krisis Ukraina.

Sebelum bertolak meninggalkan Jepang, kepada wartawan Abe menyatakan bahwa ia akan menghadiri KTT nuklir sebagai pemimpin negara satu-satunya korban bom atom, dan sebagai negara dengan teknologi nuklir sangat maju.

Terkait dengan pertemuan trilateral itu, Abe mengungkapkan harapan akan adanya pertukaran pandangan yang terbuka mengenai masalah keamanan di Asia Timur. Ia menyatakan ingin membuat pertemuan pertamanya dengan Park Geun Hye semenjak Presiden Korea Selatan ini menjabat, sebagai langkah pertama menuju pada hubungan yang berorientasi masa depan di antara Jepang dan Korea Selatan.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT