SHARE THIS ARTICLE

Setelah 80 tahun berlalu, Hachiko yang setia akan selalu dikenangHachiko adalah seekor anjing Akita yang dikenal karena dengan setia menunggu mendiang tuannya di sebuah stasiun kereta api selama bertahun-tahun hingga akhir hayatnya pada tanggal 8 Maret 1935.

Setiap tahun, sebulan setelah kematiannya, diadakan upacara untuk mengenangnya, yang bertepatan dengan musim bunga sakura di Jepang. Kini, setelah 80 tahun kematian anjing yang setia tersebut, pada hari Rabu kemarin telah diselenggarakan sebuah upacara peringatannya di dekat Stasiun Shibuya di Tokyo.

Dilansir dari houseofjapan.com, dalam upacara tahunan itu, untuk pertama kalinya para wisatawan asing dari luar Jepang dapat turut serta dengan meletakkan karangan bunga di leher patung anjing tersebut. Cucu dari mendiang majikan Hachiko dan pematung yang membuat patungnya juga turut hadir. “Anjing tersebut adalah pahlawan yang melambangkan hubungan antara manusia dan hewan,” ucap seorang wisatawan dari Selandia Baru.

Selain dalam film buatan Amerika Serikat tahun 2009 yang dibintangi Richard Gere berjudul “Hachi: A Dog’s Tale,” cerita tentang Hachiko telah diceritakan dalam berbagai buku dan film lainnya. Di tempat film “Hachi: A Dog’s Tale” tersebut dibuat, yaitu di Woonsocket, Rhode Island, patung Hachiko lainnya juga telah didirikan.

Source : houseofjapan.com
COMMENT