SHARE THIS ARTICLE

teater enjukuTeater ENJUKU adalah teater musikal berbahasa Jepang yang beranggotakan mahasiswa/i Indonesia. Saat ini anggota ENJUKU berjumlah 70 orang anggota dari 21 universitas di Jakarta dan sekitarnya. Berawal dari kesuksesan kerja sama antara 3 universitas (UI, UNAS, dan UNSADA) dengan JCC (Jakarta Communication Club) saat menyelenggarakan pementasan singkat “KAGUYA HIME Musical” sebagai salah satu isi rangkaian acara perayaan persahabatan Jepang – Indonesia ke 50 tahun di JIEXPO pada tahun 2008,  ENJUKU kemudian secara resmi didirikan pada 21 Januari 2009 oleh 15 mahasiswa dari 3 universitas tersebut.

Nama ENJUKU berasal dari Bahasa Jepang “EN” yang berarti ikatan dan lingkaran. Sedangkan “JUKU” berarti kursus atau matang. Oleh karena itu, pengertian dan filosofi ENJUKU dapat diartikan sebagai, para mahasiswa/i yang bertemu menjalin sebuah ikatan dan bergandeng tangan membentuk lingkaran dalam menciptakan sebuah teater sebagai wadah latihan menuju kematangan dan kedewasaan diri di dalam masyarakat kerja kelak. Adapun tujuan utama dari ENJUKU sendiri bukanlah pada sisi seni panggung, melainkan membentuk pemuda/i Indonesia sebagai karakter-karakter bertanggung jawab, berdisiplin, dan siap bekerja setelah lulus dari universitas.

Biasanya mahasiswa selalu menggunakan metode yang pasif untuk belajar Bahasa Jepang, misalnya membaca buku, mendengar musik, menonton video, mendengar penjelasan dosen, dll. Oleh sebab itu, banyak pelajar Bahasa Jepang yang tidak mendapat kesempatan untuk belajar secara aktif. Akan tetapi, dengan bergabung di Teater ENJUKU ini dan bermain sandiwara, mahasiswa bisa berperan sebagai orang Jepang sehingga tidak hanya melatih kemampuan berbahasa Jepang, tetapi bisa mendalami perasaan dan jiwa orang Jepang.

Kegiatan ENJUKU bergerak berkat kepercayaan dari para sponsor yang mendukung kegiatan ENJUKU. Dana yang didapatkan dari sponsor, baik pribadi maupun perusahaan, hanya digunakan untuk keperluan kegiatan ENJUKU. Anggota ENJUKU tidak mendapatkan bayaran, juga tidak dipungut biaya tetap apapun selama masa keanggotaannya.

ENJUKU terbuka untuk mahasiswa dari bidang apapun. Ketika mereka lulus dari universitas, maka secara otomatis batas keanggotaan mereka di ENJUKU pun juga berakhir. Setiap tahun ENJUKU menjaga regenerasinya dengan mengadakan audisi anggota setahun sekali yang selalu dinantikan secara antusias oleh para penggemar kebudayaan Jepang dan seni panggung, khususnya teater.

ENJUKU terdiri dari 3 bagian, yaitu Engibu (bagian pemain), Ishoubu (bagian kostum), dan Butai bijutsubu (bagian tata panggung). Ketiga bagian ini bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan pementasan utama yang sukses setiap tahunnya.

Tahun ini ENJUKU memasuki tahun ke-6. Karya-karya yang telah dihasilkan, yaitu musikal berjudul “Kaguya-Hime” pada tahun 2009. “Urashima Taro The Amazing Story” pada tahun 2010, “Yuki Onna ~Tears of Snow~” pada tahun 2011, “Wagahai wa Nyanko de Aru” pada tahun 2012, “Back to The SENGOKU!” pada tahun 2013, dan pada tahun 2014 lalu, “Time Research Application 192” yang merupakan karya ENJUKU pertama yang dilaksanakan atas kerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Selanjutnya adalah cerita yang membanggakan bagi ENJUKU. Tahun lalu ENJUKU telah berhasil mencapai impiannya tampil di Jepang pada bulan April. Selama berada di Jepang, ENJUKU juga menyanyikan lagu orisinal ENJUKU yang diciptakan untuk mendukung Jepang, “Sakura Yo”, sebagai tanda terima kasih atas seluruh pengalaman berharga yang didapatkan selama di sana. Bahkan 3 orang perwakilan ENJUKU menyanyikan lagu “Sakura Yo” di hadapan Perdana Menteri Jepang, Bapak Abe Shinzo, Keluarga kekaisaran Jepang, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Bapak Yusron Ihza Mahendra, dan para perwakilan dari Indonesia-Jepang lainnya. Agar lagu “Sakura Yo” ini dapat tersampaikan ke seluruh orang Jepang, ENJUKU berencana untuk pergi ke Jepang setiap tahunnya.

Oleh karena itu, tahun ini pun ENJUKU akan menampilkan kembali pementasannya di Jepang pada bulan April. ENJUKU akan mementaskan pementasan kelimanya yang pernah dipentaskan di Jakarta, yaitu “Back to The SENGOKU!” di dua tempat, yaitu Shimin Kaikan Sojo Daigaku Hall, Kumamoto (Jumat, 3 April 2015) dan Momochi Bunka Centre – Big Hall, Fukuoka (Selasa, 7 April 2015). Pada kesempatan yang berharga ini ENJUKU berharap dapat menjadi perwakilan pemuda Indonesia yang dapat menjembatani hubungan Indonesia dan Jepang.

Seperti yang telah diketahui bahwa anggota ENJUKU selalu beregenerasi untuk bisa terus melatih dan mengasah bakat-bakat mahasiswa yang ada di Indonesia. Kali ini, ENJUKU sedang membuka pendaftaran anggota baru tahun 2015. Pendaftaran ini sudah dibuka sejak bulan Desember 2014 lalu. Pendaftaran anggota baru ENJUKU terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif di seluruh universitas di Indonesia (pendaftaran tidak terbatas umur, jurusan kuliah, dll., serta gratis, tidak dipungut biaya apapun).

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan apabila kalian bergabung sebagai anggota ENJUKU:

1. Peningkatan kemampuan bersandiwara, bernyanyi, dan menari
2. Kesempatan berinteraksi langsung dengan orang Jepang
3. Pengalaman yang berhubungan dengan kebudayaan Jepang
4. Kesempatan melatih diri sebagai masyarakat kerja

Untuk pendaftaran, dapat dilakukan secara langsung dengan datang ke kantor ENJUKU di dalam Jakarta Communication Club (Jl. Cipaku 5 no. 177A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan) atau dapat mengisi formulir yang dapat diunduh pada link berikut:

http://bit.ly/1AS7VkB

lalu kirimkan formulir yang telah diisi ke email ENJUKU:

[email protected]

Jangan sampai terlewat! Pendaftaran anggota baru ENJUKU dibuka hingga Sabtu, 14 Februari 2015.

Informasi lebih lanjut:
Homepage: http://enjukuindonesia.com
Facebook: Teater Mahasiswa ENJUKU (学生劇団en塾) Official Group
Twitter: @teater_enjuku
Email: [email protected]
Telp: 021-725 0530/ 725 7266 (CP: Bila, Danial)

COMMENT