Seorang YouTuber Jepang Buat PS4U, Modifikasi PlayStation 4 Jadi Portable, Lengkap Dengan Layar dan Keyboard

2 min


PlayStation 4 ata PS4 adalah salah satu konsol rumahan terkini keluaran Sony yang cukup banyak peminatnya. Saat ini, PS4 memiliki beberapa tipe yang dijual kepada masyarakat, yaitu PS4 keluaran awal, atau yang kadang disebut PS4 fat karena ukurannya yang besar, PS4 Pro yang memiliki kemampuan olah gambar yang lebih mumpuni, serta PS4 Slim yang berukuran lebih kecil. Meski PS4 slim sudah memiliki form factor yang kecil, namun tidak serta merta menjadikannya portable karena masih memerlukan televisi, suplai listrik dari luar, serta peralatan lain seperti beberapa game yang memerlukan keyboard, menyebabkannya tidak praktis untuk dibawa-bawa. Di sinilah seorang YouTuber Jepang, KEI STUDIO mencoba untuk membuat sebuah konsol PS4 yang lengkap dan portable, yang diberi nama olehnya, PS4U.


PS4 Unifiy, atau PS4U adalah usaha KEI STUDIO untuk menyatukan konsol PS4, layar monitor, keyboard, PlayStation Camera, dan DualShock4 dan baterai dalam satu bentuk yang padu, seperti sebuah laptop. Usaha StudioKei dalam menjadikan nyata proyek ini diuangkan dalam tiga buah jurnal video yang diunggahnya di YouTube, masing-masing berdurasi 20 menit, 43 menit, dan 1 jam 33 menit. Dua video pertamanya sudah memiliki opsi subtitle bahasa Inggris, sementara subtitle bahasa Inggris untuk video ketiga masih belum diunggah.

Dalam video pertama, diperlihatkan awal dari ide membuat PS4U, serta permasalahan yang ditemui oleh sang YouTuber saat mengatur kelistrikan untuk menghubungkan PS4, baterai, dan listrik dari outlet, agar bisa dimainkan menggunakan baterai, dan juga bisa dipakai menggunakan listrik dari luar sambil mengisi daya baterai, serta solusi permasalahan tersebut. Di sini diperkenalkan pula mengenai semikonduktor dan NOT IC bagi mereka yang tidak terlalu paham mengenai kelistrikan.


Dalam video kedua, diperlihatkan sang YouTuber yang sudah selesai membuat jaringan kelistrikan untuk PS4U melakukan pengetesan penggunaan konsol tersebut menggunakan baterai, dan menggunakan sumber listrik eksternal secara bergantian, lengkap dengan penggambaran mengenai apa yang terjadi pada saat itu. Selain itu, diperlihatkan juga proses yang dilakukan untuk menyesuaikan tiap bagian konsol dan aksesorisnya untuk dpaat dikemas dalam satu bentuk yang padu dan ringkas, juga pembuatan bagian per bagiannya.

Dalam video ketiga, diperlihatkan proses pengecatan dan finishing PS4U, hingga sepintas tampak seperti produk pabrikan, dan tidak seperti MOD. Diperlihatkan juga uji coba jalannya konsol tersebut di tengah musim panas Jepang yang beberapa waktu lalu mencapai titik yang cukup tinggi, untuk melihat seberapa lama konsol tersebut bertahan hanya dengan kekuatan baterai.

PS4U buatan KEI STUDIO selesai dibuat setelah proses pengerjaan selama 16 bulan, dan menghabiskan dana 281.950 yen (hampir 38 juta rupiah) menghasilkan sebuah konsol terintegrasi dengan ukuran  450mm x 90mm x 314mm saat layarnya terlipat dan berat sekitar 7,7 kilogram saat DualShock4 terpasang dalam konsol tersebut. Dilengkapi dengan konfigurasi 48 buah baterai 3.7V/3400mAh (yang disebut BAT48 oleh KEI STUDIO), konsol ini dapat dipakai selama 4 sekitar jam nonstop.

PS4U bukanlah karya modifikasi pertama KEI STUDIO. Sebelumnya, ia pernah membuat versi portable konsol PlayStation 2, juga Super Famicom, yang videonya dapat disimak pada saluran YouTube miliknya.

(Featured image: Youtube)

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
88
LOL
Sugoi! Sugoi!
112
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
127
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
12
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
25
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
39
Daisuki!
Kowai Kowai
50
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
114
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes