SHARE THIS ARTICLE
Seorang Pegawai Baru di Studio Anime Terkejut Menerima Gaji Pertamanya
Image Source: crunchyroll.com

Sudah menjadi penggemar anime sejak lama, terpesona dengan industri anime setelah menonton Shirobako, ataupun senang menekuni dunia menggambar manga dan anime bisa menjadi alasan seseorang ingin bermatapencaharian sebagai animator di studio-studio anime ternama di Jepang. Tapi, kalian mungkin akan berpikir ulang setelah menyimak pengalaman seorang pegawai baru di sebuah studio anime ternama berikut ini.

Xebec di Tokyo memang bukan studio anime yang terbesar, tapi bukan berarti studio ini minim kesuksesan dari eksistensinya selama 20 tahun yang antara lain telah menelurkan adaptasi anime To Love-Ru, Negima!, Love Hina, Kidou Senkan Nadesico, dan judul-judul lainnya. Tapi rupanya, seorang animator baru di Xebec terkejut saat menerima gaji pertamanya.

Seorang Pegawai Baru di Studio Anime Terkejut Menerima Gaji Pertamanya 1
Image Source: commons.wikimedia.org

Dengan kesepakatan kerja yang meliputi kontrak 3 bulan, bayaran yang hanya terdiri dari gaji pokok dan ongkos transportasi saja, serta tak ada batasan akan seberapa banyak pekerjaan yang harus ia lakukan setiap harinya, sang animator hanya membawa pulang ¥131.330 saja: ¥130.000 gaji pokok, ¥5.300 ongkos transportasi dan ¥3.970 yang ditahan untuk pajak penghasilan. Nominal sejumlah tersebut mungkin terdengar cukup tinggi untuk standar gaji di tanah air, tapi menurut para netizen di Jepang yang ramai berkomentar, nominal tersebut mungkin setara dengan gaji seorang pekerja paruh waktu. Sebaliknya, Xebec menimpali bahwa jumlah yang mereka berikan, ¥1,56 juta per tahun, justru lebih besar dibandingkan dengan kebijakan beberapa studio animasi lainnya. Bagaimana tanggapan kalian, terutama yang bercita-cita menjadi seorang animator profesional?

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT