SHARE THIS ARTICLE

IMG_8347

Untuk kesekian kalinya Semarang Hobby Fest kembali digelar. Acara yang  bertujuan untuk menyatukan berbagai komunitas hobby dan toys di Semarang ini, digelar selama 3 hari pada 10-12 Januari lalu. Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang, acara ini berlangsung meriah.

Tak salah memang jika event ini disebut sebagai ajang berkumpulnya berbagai komunitas dan pecinta mainan. Ada 18 stand disini, mulai dari action figure, RCDS, papercraft, serta masih banyak lagi. Selain itu ada juga berbagai kompetisi seperti kompetisi beat box, yo-yo, gear contest, dan tentunya yang paling menarik perhatian, cosplay party & competition!

Cosplay party yang digelar pada hari sabtu (11/1) malam sukses menyedot perhatian pengunjung. Cosplay party sendiri merupakan acara gathering dengan costum chara maupun original, yang nantinya juri akan menilai para peserta party dan memberikan award dalam beberapa kategori. Kategori award yang diberikan antara lain best fashion, best crossdress, best moe, best creativity, best original concept, best horror, best in chara dan best spirit. Juri dalam cosplay party ini adalah cosplayer Pinky luxun, Echow dan Naru.

Sebelum cosplay party dimulai, diadakan talkshow bersama para juri. Pinky, Echow dan Naru berbagi suka duka selama beberapa tahun mereka bergelut di dunia cosplay. Selain itu mereka juga sempat memberikan berbagai tips untuk masalah make-up, pembuatan armor dan juga bagaimana perform di panggung. Setelah talkshow berakhir, para penonton dan cosplayer yang hadir diberi kesempatan untuk berfoto bersama Pinky, Echow dan Naru. Pengunjung dan cosplayer yang hadir rela berdesakan saat mengantri sesi bersama, bahkan ada yang sampai berebut  demi berfoto bersama cosplayer pujaan. Semangat mereka patut diacungi jempol.

Cosplay competition yang digelar pada keesokan harinya pun (12/1) tak kalah meriah. Belasan peserta menampilkan aksi terbaik mereka di atas panggung. Aksi panggung para cosplayer yang menarik berhasil menjadi pusat perhatian pada perhelatan Semarang Hobby Fest kali ini. Komentar yang diberikan Pinky Luxun, Echow dan Naru pun cenderung positif menilai aksi para cosplayer Semarang dan sekitarnya ini. Bahkan menurut mereka beberapa cosplayer layak tampil di tingkat nasional maupun internasional.

Pinky luxun sebagai salah satu cosplayer senior di Indonesia, saat ditemui di sela acara mengaku, cosplay di Indonesia saat ini berkembang cukup pesat dan mulai diterima di masyarakat. Sudah sepatutnya sesama cosplayer saling mendukung dan berbagi ilmu demi kemajuan bersama.

COMMENT