SHARE THIS ARTICLE

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (5)

Popular Culture Convention Asia atau POPCON 2016 yang baru saja digelar di Asembly Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta dari Jumat (12/08) sampai Minggu (15/08) telah menjadi ajang yang tepat untuk memperlihatkan seberapa potensialnya industri kreatif Indonesia. Para pelaku baik kreator game, animasi, komik dan musik tumpah ruang memajang dan menjual karya mereka kepada para pengunjung yang antusias. Dari sinilah bisa dilihat seberapa jauhnya industri kreatif Indonesia telah berkembang.

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (9)

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (10)

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (11)

Tidak kurang dari puluhan booth hadir memadati hall, mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Deret teknologi terkini di dunia kreatif hadir bersanding dengan hasil karya tangan yang dibuat langsung oleh para ilustrator lokal. Sedangkan action figure dalam kotak-kotak kaca mampu menggoda para kolektor untuk memilikinya. Di lantai paling bawah fans board game dengan seru bermain bersama teman-teman mereka.

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (12)

Tidak disangka juga, keseruan ini dapat dinikmati oleh segala usia. Salah seorang pengunjung bernama Dika, contohnya. Ia membawa anak dan istrinya untuk menikmati hiburan yang hanya ada satu tahun sekali ini, “Saya ke Popcon setiap tahun, jadi ini tahun kelima saya. Dan sengaja datang bareng keluarga karena makin ke sini, acara di Popcon tambah rame, banyak games, banyak kreator lokal juga,” ungkap Dika.

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (14)

Selain kreator film, animasi, game, komik, dan musik, tahun ini Popcon Asia juga turut mendatangkan kreator street art. Menggandeng Korean Cultural Center Indonesia, Park Taejoon dan Webtoon Comic Artist. Yang terakhir adalah magnet terkuat untuk para anak-anak muda datang ke Popcon Asia 2016 dengan gencarnya situs komik online ini menggaet para komikus-komikus berbakat tanah air.

Semakin Pop dan Kreatif di POPCON ASIA 2016 (13)

Sayangnya, Popcon Asia bukan tanpa cacat. Dika yang juga kolektor komik lokal juga mengharapkan agar konten lokal lebih diperbanyak lagi. Adakah di antara kalian yang datang ke acara ini? Berminat untuk memenuhi harapan Dika dengan menjadi kreator komik lokal di Popcon Asia selanjutnya?

(Foto: Amozy Audrey)

COMMENT