SHARE THIS ARTICLE

Nintendo mulai dikenal sebagai produsen konsol game populer sejak tahun 1980-an. Namun sebagai sebuah perusahaan, Nintendo sudah berumur lebih panjang, bahkan kini mencapai titik usia 125 tahun.

Mario Bros & Luigi, maskot Nintendo (gettyimages)
Mario Bros & Luigi, maskot Nintendo (gettyimages)

Ya, Nintendo didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889, di Kyoto, Jepang. Di awal berdirinya, Nintendo merupakan perusahaan yang memproduksi kartu Hanafuda.

Permainan kartu ini cukup terkenal, dan Nintendo mengangtungkan usahanya melalui bisnis tersebut. Sampai pada tahun 1956, Hiroshi Yamauchi ke Amerika Serikat dan dibuat terkejut bukan kepalang.

Pasalnya cucu dari sang pendiri Nintendo tersebut ingin menjajaki kerjasama dengan United States Playing Card Company yang merupakan pemimpin industri kartu di masanya. Namun, saat menjejaki kaki di kantornya, dia mendapati ukuran kantor perusahaan besar itu termasuk kecil.

Dari situ Hiroshi sadar bahwa bisnis kartu ini tidak besar dan akan musnah suatu saat. Ketika dia balik ke Jepang, Nintendo pun mencoba bisnis lain. Mulai dari layanan taksi, hotel, hingga makanan instant. Tapi sayang, semuanya gagal.

Tahun 1970-an, Nintendo mulai memasuki bisnis konsol game yang berfokus pada bisnis family entertaiment. Tonggak sejarahnya dimulai saat Nintendo mulai mendistribusikan Magnavox Odyssey pada tahun 1974.

Tiga tahun kemudian, seorang lulusan berpotensi dipekerjakan oleh Nintendo dan membawa perusahaan itu mencapai kejayaan. Ya, mantan mahasiswa itu bernama Shigeru Miyamoto.

Tahun 1978, Nintendo masuk ke industri Arcade Game dengan produk mereka Computer Othello dan mulai rajin mengeluarkan judul-judul game. Baru pada tahun 1981, Nintendo meledak saat memperkenalkan game Donkey Kong.

Nintendo semakin menjelaskan posisinya sebagai perusahaan konsol game dengan meluncurkan Family Computer pada tahun 1983, di Jepang. Baru pada tahun 1985, konsol itu dibawa ke Amerika Serikat dengan nama Nintendo Entertaiment System, dengan tokoh Super Mario Bros sebagai pemicunya.

Waktu terus berjalan, sudah banyak konsol game yang dibuat oleh Nintendo, mulai dari Game Boy Pocket, Game Boy Color, Nintendo Wii, Nintendo DS dan banyak lagi.

Sayangnya, Nintendo pun mengalami masa suram dan mulai sulit bersaing dengan para kompetitor seperti Sony. Malahan pada akhirnya, Nintendo harus tersentak karena tergerus game mobile di perangkat smartphone.

Lebih dari itu, Nintendo telah membawa kita pada masa-masa menyenangkan dalam bermain game. Selamat ulang tahun, Nintendo!

Source : inet.detik.com
COMMENT