SHARE THIS ARTICLE

Selain sushi, sashimi adalah menu yang cukup populer di restoran Jepang. Hidangan ini biasanya berupa irisan daging salmon atau tuna mentah. Ternyata, selain dari daging ikan, sashimi juga bisa dibuat dari mie tradisional Jepang, yakni udon!

Foto: Rocket News 24
Foto: Rocket News 24

Udon adalah mie berdiameter besar yang terbuat dari tepung terigu. Rasanya hambar, makanya sering disajikan bersama makanan bercitarasa kuat seperti kimchi atau kari Jepang. Udon akan menyerap rasa dari makanan di sekelilingnya.

Ternyata udon yang tebal, berat, dan sulit diambil dengan sumpit bisa disajikan dalam bentuk lain. Restoran Sururi Udon Dining di Shinjuku, Jepang, menyajikan udon sashimi. Penyajian dan pelengkapnyapun seperti sashimi biasa.

Udon yang dijadikan sashimi berbentuk persegi panjang tipis dan polos. Hidangan ini dilengkapi dengan irisan daun bawang, sepotong lobak, dan sedikit wasabi di piring terpisah. Saat dikunyah, teksturnya kenyal dan sedikit asin. Ternyata rasanya enak!

Yoshio, reporter situs Rocket News 24 yang mencobanya, jadi teringat dengan kishimen. Kishimen adalah udon pipih dari Prefektur Aichi di Jepang. Menurut Yoshio, rasanya benar-benar sama.

Berikutnya, Yoshio mencicipi udon sashimi dengan pelengkapnya. Setelah sedikit dicelupkan ke shoyu (kecap asin Jepang), udon sashimi diberi daun bawang dan sedikit cacahan jahe. “Entah apakah ini cuma di lidah saya, tapi rasanya tak cocok,” tulisnya.

Menurut Yoshio, berbagai pelengkap tersebut memang cocok untuk sashimi biasa, namun tidak untuk udon sashimi. “Makanlah tanpa pelengkapnya,” Yoshio menyarankan. Di Sururi Udon Dining, udon sashimi dijual dengan harga 700 yen (Rp 69.000). Tertarik mencoba?

Source : food.detik.com
COMMENT