SHARE THIS ARTICLE

Kota yang berhawa sejuk dan segar, pasti membuat wisatawan merasa betah. Di Kota Beppu, Prefektur Oita, Jepang, wisatawan bisa merasakan kota yang udaranya sangat sejuk dan memberikan ketenangan tersendiri.

beppu (1)

Terletak di bagian barat Jepang, atau tepatnya di Beppu Bay, Kota Beppu tergolong kota kecil dengan jumlah penduduk hanya 122.085 jiwa. Meski ramai kendaraan di jalan, namun suasana kota ini cenderung sepi. Kepadatan penduduknya hanya mencapai 1.001 jiwa per kilometer persegi.

Suasana seperti ini tentu sangat menenangkan bagi detikTravel yang biasa menghadapi hiruk-pikuk Jakarta dengan kemacetan dan polusinya. detikTravel mengunjungi Beppu atas undangan Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) yang memiliki kampus di sini.

Selama 3 hari berada di Beppu pekan lalu, cuaca didominasi hujan, mulai dari hujan deras hingga gerimis yang cukup awet. Sebaiknya membawa payung saat berkunjung ke kota ini, saat musim panas tiba seperti sekarang.

Beppu terkenal oleh pemandian air panasnya yang alami atau disebut ‘onsen‘. Hal ini karena kota ini terletak di antara gunung dan laut sehingga memunculkan sumber air panas alami.

beppu (2)

Daya tarik tersebut membuat kota ini lebih populer bagi turis domestik, daripada turis mancanegara. Banyak warga lanjut usia dari berbagai wilayah Jepang datang ke Beppu untuk menikmati onsen.

Namun bagi detikTravel yang tidak sempat berkunjung ke pemandian air panas, menikmati kota ini dilakukan dengan berjalan menelusuri kota. Di pagi hari, udara Beppu sangat sejuk.

Bahkan beberapa kali diwarnai kabut yang cukup tebal. Sekedar berjalan kaki atau jogging menelusuri jalanan yang tidak begitu ramai di pagi hari, menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Berada di Pulau Kyushu dan jauh dari ibukota Tokyo, kondisi lingkungan di Beppu justru lebih kental nuansa Jepang-nya. Jalanan sempit dengan rumah-rumah yang saling berdempetan satu sama lain banyak dijumpai di Beppu.

beppu (3)

Penduduknya juga sangat ramah, meskipun kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris. Sehingga, mereka tidak bisa diajak ngobrol banyak.

Meskipun kota kecil, fasilitas yang ada di Beppu cukup komplit. Ada supermarket, ada pusat perbelanjaan, hingga tempat makan yang sangat beragam, mulai dari masakan Jepang hingga restoran khas India. Yang menyenangkan lagi, harganya lebih terjangkau jika dibandingkan kota lain.

Jadi, jika ingin menghabiskan waktu jauh dari suasana hiruk-pikuk ibukota Tokyo dan kota-kota besar Jepang lainnya, tidak ada salahnya berkunjung ke Beppu yang tenang dan sejuk. Anda tertarik?

Beppu bisa diakses dengan menumpang pesawat dari Indonesia tujuan Fukuoka kemudian melanjutkan dengan bus khusus menuju ke Beppu. Transportasi di kota ini sangat mudah sehingga tak perlu takut kesulitan jalan-jalan.

Source : travel.detik.com
COMMENT