SHARE THIS ARTICLE

Kritik pedas tentang pengisi suara anime (seiyuu) masa kini meluncur dari mulut Masako Nozawa, pengisi suara kawakan berumur 79 tahun. Dia berujar bila hampir-hampir tidak adanya keunikan dalam diri seiyuu masa kini.

[pengisi suara modern] hanya melihat anime dan meniru yang mereka dengar, jadi mereka hanya bersuara seperti salinan dari salinan sebuah salinan. Hasilnya adalah kedalaman dan lebarnya suara anime yang berkurang secara cepat.” jelasnya dalam sebuah wawancara kepada Otocoto. Kesimpulan ini didapatkannya dari pengamatan tentang banyaknya pengisi suara yang belum mendapatkan suaranya sendiri. Semua terkesan mirip dan kurangnya karakter individualitas.

Nozawa dikenal dengan rentang pengalaman yang panjang di dalam industri tersebut hingga mencapai 6 dekade, mulai dari anime klasik seperti Galaxy Express 999, GeGeGe no Kitaro sampai ke anime masa kini seperti Digimon Tamers dan One Piece. Namun perannya sebagai Goku di Dragon Ball membuatnya sangat dikenal hingga saat ini.

Memang melihat industri pengisi suara masa kini yang lebih banyak menjadi idol dibanding berdedikasi terhadap suara karakter, pernyataan Nozawa itu terkesan benar.

Pernahkan kalian kesulitan membedakan suara dari satu karakter ke karakter lain di anime masa kini?

Source : aramajapan.com
COMMENT