Seberapa Pentingnyakah Christmas Eve Bagi Orang Jepang?


Christmas Eve di Jepang
(featured image: Internetcom.Jp)

Dengan siapa kalian menghabiskan malam natal? Pacar? Teman? Keluarga? Atau tidak merayakannya sama sekali? Bagi orang Jepang, Christmas Eve adalah malam yang sangat penting, meskipun kebanyakan dari mereka tidak beragama Nasrani. Tanggal 25 Desember memang disebut sebagai hari natal bagi orang Jepang, dan pada saat itulah mereka berkumpul dengan keluarga, dan tanggal 24 Desember malam mereka gunakan untuk bertemu pacar atau orang yang mereka sayangi. Jadi apakah arti dari Christmas Eve bagi orang Jepang sebenarnya?


Christmas Eve merupakan singkatan dari Christmas Evening dimana para umat nasrani mendekatkan diri dengan Tuhan dengan cara pergi ke gereja dalam acara misa dan juga berkumpul dengan keluarga untuk memperingati hari natal. Namun, malam natal yang dimaksud adalah malam 24 Desember, bukan malam 25 Desember. Meskipun suasananya sama dengan natal di luar negeri, tentu saja budaya natal di Jepang sangat jauh berbeda.

Must Read  Pelajaran Budaya Dari Kasus Ketepatan Waktu Kereta Jepang
(image : Japan Junction)

Apabila umat Nasrani mengenal Santa Claus yang sangat dinanti-nantikan kedatangannya oleeh anak-anakorang Jepang menganggap kekasihnya atau pun pacarnya sebagai pengganti sang santa. Sehingga pada malam tersebut tidak aneh apabila mereka menghabiskan waktu semalaman bersama pacarnya dan juga menerima hadiah natal layaknya menerima hadiah dari santa.

Meskipun di Jepang tidak mengenal liburan natal pada tanggal 24 Desember, banyak orang yang merayakan malam tersebut hingga larut malam. Bahkan banyak para ayah yang membelikan shortcake dan fried chicken untuk disantap bersama keluarganya. Meskipun bagi anak-anak, natal itu dianggap sebagai hari berkumpul bersama keluarga, tetapi jarang sekali orang dewasa yang menghabiskan waktu di rumah untuk melakukannya.

Must Read  Sebuah Kuil Shinto Jepang Membuka Lowongan Miko Untuk Laki-laki?!

Natal identik dengan suasana romantis dan perayaan tahunan bagi sepasang kekasih, didukung dengan gemerlapnya cahaya illumination khas natal yang berkilauan.

Malam natal bagi orang dewasa Jepang sangat penting, karena ketika liburan akhir tahun dan awal tahun tiba mereka harus pulang kampung atau pulang ke keluarga mereka dan tidak bisa bertemu dengan kekasihnya untuk sementara waktu. Maka dari itulah, mereka menghabiskan malam istimewa di saat natal.

(featured image: Internetcom.Jp)

Source : Kenyu Red

What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
7
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
5
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
4
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
9
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
3
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Seberapa Pentingnyakah Christmas Eve Bagi Orang Jepang?

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini