SHARE THIS ARTICLE

Kembali dunia anime Jepang kehilangan satu tokoh penting yang sudah berperan besar dalam banyak judul. Shuji Iuchi, seorang sutradara, animator dan penulis naskah telah meninggal dunia di usia 66 tahun pada Jumat (15/12).

Iuchi, yang terkenal dengan keterlibatannya dalam franchise mecha Mashin Eiyuuden Wataru, memulai karirnya di tahun 1988. Anime yang pernah ia sutradarai adalah Ginga Tetsudo 999: Kimi wa Senshi no You ni Ikirareru ka!!, Lady Georgie, Love Position – The Legend of Halley, Madou King Granzort, Ranma ½: Big Trouble in Nekonron, China, Mama wa Shougaku Yonensei, Yamato Takeru, dan Gekito! Crush Gear Turbo. Iuchi juga membuat animasi dan menggambar storyboard untuk anime Samurai 7, Gundam Build Fighters Try, Sgt. Frog, dan Speed Grapher.

Tidak berhenti di situ saja, kiprahnya di dunia anime pun merambah bidang penulisan naskah. Beberapa judul seperti Pretty Rhythm Aurora Dream, Pretty Rhythm Dear My Future, dan Pretty Rhythm Rainbow Live pun menuliskan namanya sebagai penulis naskah.

Karya terakhirnya adalah menggambar storyboard untuk Shounen Maid, Cerberus, dan Shounen Ashibe GO! GO! Goma-chan.

Beberapa tokoh dunia anime seperti Hiroki Mutaguchi, Satoshi Koike, Etsushi Mori, Mitsuo Fukuda, and Ryuichi Kimura telah mengirimkan pesan belasungkawa mereka atas kepergian Iuchi. Termasuk juga kami. Selamat jalan Shuji Iuchi.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT