SHARE THIS ARTICLE

Satoimo, talas Jepang rebus yang lezat dan mudah untuk dibuatSatoimo adalah talas Jepang yang memiliki nama latin Colocasia esculenta. Talas yang juga dikenal dengan nama Taro Potato ini banyak dibudidayakan di daerah sub tropis dan tanaman ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Satoimo dapat mempercepat proses penyembuhan luka, dan sangat berperan dalam pembentukan Collagen. Nakako Matsumoto telah mempelajari rahasia tersembunyi dari setiap langkah dalam memasak selama lebih dari 50 tahun, terutama pada rasa dan teksturnya. Bagaimana membuat makanan yang sehat dan lezat menjadi tujuan dari profesor berumur 79 tahun dari Kagawa Nutrition University ini. Kini ia memperkenalkan hidangan “satoimo” rebus yang lezat dan mudah untuk dibuat.

Seperti dilansir dari japanbullet.com, beberapa dekade yang lalu, ketika slicer/alat pengiris muncul, Matsumoto mengunjungi fasilitas memasak yang membuat makan siang untuk pelajar sekolah. Menurut orang yang bertanggung jawab di fasilitas tersebut karena memotong masing-masing bahannya dengan tangan, bukan dengan slicer, maka rasanya ternyata enak. Tetapi ternyata rasa tidak terpengaruh oleh penggunaan alat pengiris atau pisau dapur, menurut penelitian Matsumoto.

Walau beberapa data menunjukkan bahwa dengan merebus bahan utama memungkinkannya untuk meresap lebih banyak bumbu, namun Matsumoto mengatakan bahwa satoimo dapat dihidangkan tanpa direbus, dan di sisi lain, talas yang belum direbus ternyata lengket, sehingga sup dapat melapisinya dengan baik. Kunci untuk resep talasnya adalah dengan mengurangi sup yang dibumbui untuk mencegah agar tidak berair. Sup yang telah dikurangi bumbunya tersebut harus dituangkan pada talas yang sudah disajikan dalam mangkuk. Dengan cara ini rasanya melapisi talas dengan baik. Prosedur ini dapat digunakan untuk hidangan rebus lainnya, katanya. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan (untuk 2 porsi):

6 talas satoimo (300 gram)

Sup (1,5 hingga 2 cangkir kaldu dashi, 1,5 sdm gula, 1 sdm soy sauce, 1/2 sdt garam)

6 lembar bumbu yuzu

Cara pembuatan:

Cuci satoimo secara menyeluruh. Tepuk-tepuk kulitnya hingga kering dan kupas. Potong menjadi dua.

Tempatkan bahan untuk sup dan talas dalam panci, tutup dan tempat panaskan hingga mendidih. Turunkan panas apinya sehingga sup mendidih dengan api kecil dan angkat tutupnya. Masak selama 12 hingga 13 menit.

Tusuk talas dengan batang bambu dan jika sudah matang, angkat tutupnya untuk mengurangi sup. Masak hingga sup tersisa sekitar 2 sdm. Jika sup telah berkurang sementara talas masih keras, tambahkan air. Jika terlalu banyak sup yang tersisa sementara talas telah melunak, angkat talas dan sajikan dalam mangkuk. Kurangi sup hingga sekitar 2 sendok makan.

Tuangkan 1 sendok makan sup per orang di atas talas dalam mangkuk. Taburi dengan bumbu yuzu.

Source : japanbullet.com
COMMENT