SHARE THIS ARTICLE

Musim panas ini adalah waktu yang cocok untuk mencoba beragam makanan unik. Seorang ahli masakan asal vietnam, Tran Thi Ha, yang mengelola restoran Vietnam di distrik Jujo, Tokyo memiliki sebuah menu spesial untuk mengatasi kegerahan. Dengan menggunakan resep asli negaranya, wanita berusia 56 tahun ini mempopulerkan penggunaan aoi papaya atau pepaya hijau di dalam menu masakannya. Kini salad pepaya adalah menu unggulan restorannya saat musim panas. “Bahkan saat kalian kehilangan selera makan karena udara lembab dan panas, kalian akan tetap dapat menikmatinya,” jelasnya. Penasaran ingin membuatnya?

Bahan

159 gram pepaya hijau
40 gram potongan daging (resep asli Vietnam biasa menggunakan daging rusa)
40 gram udang kupas
saus (1 sendok makan untuk nuoc mam, gula, cuka, lemon, saus sambal manis dan air, dan potongan daun bawang)
1/2 sendok makan kacang
beberapa daun mint dan ketumbar
1 daun shiso

Cara pembuatan

Hilangkan kulit pepaya hijau, potong menjadi dua dan buang biji. Rendam di air selama 30 menit untuk memudahkan pemotongan.

Kupas kulit belakang udang dan rebus hingga matang. Rebut daging dan potong selebar 1 cm.

Dengan alat pemotong buat pepaya menjadi potongan-potongan tipis. Rendam di air dingin selama 2 sampai 3 menit untuk membuat kaku. Keringkan.

Campurkan bahan untuk saus di dalam mangkuk kecil.

Keringkan air dari pepaya menggunakan kain, hidangkan dalam piring, tambahkan daun shiso dan 3 daun mint besar, potong jadi dua dan campurkan dengan tangan secara perlahan. Tuangkan setengah saus dan campurkan.

Taruh udang, potongan daging di atas. Tuang sisa saus sebelum dimakan. Taburkan remukan kacang, ketumbar dan mint. Siap untuk disajikan.

Source : japanbullet.com
COMMENT