SHARE THIS ARTICLE
Bunga Robai (Tribunnews.com/Richard Susilo)
Bunga Robai (Tribunnews.com/Richard Susilo)

Waktu untuk melihat bunga kuning ini hanya satu bulan saja. Wanginya begitu harum dan kini sedang mekar menjelang musim semi. Diperkirakan bisa dilihat hanya sampai akhir Februari 2015 saja di Kanto (Tokyo dan sekitarnya). Itulah bunga kuning Robai atau Chimonanthus praecox.

Jika di Tokyo, daerah terdekat mungkin bisa menuju Stasiun Shimizu Koen. Begitu ke luar stasiun sudah langsung telihat, ada papan petunjuk menuju Taman Shimizu. Di sana carilah Taman Hana Fantasy. Di dalam taman itulah sedang mekar indah sekelompok bunga kuning Robai. Posisi Taman Hana Fantasy itu di tengah, agak ke belakang.

Chimonanthus praecox juga sering disebut wintersweet dari Jepang, dari keluarga Calycanthaceae, yang aslinya berasal dari Tiongkok. Namun Jepang berhasil melestarikan dan mengembangkan dengan baik, sehingga kemudian mendapatkan Penghargaan Kebun (Award of Garden Merit) dari perkumpulan hortikultura Inggris yang sangat bergengsi, Royal Horticultural Society’s.

Pohon ini bisa setinggi sampai sekitar 4 meter, memiliki daun memanjang dan bisa sampai 29 centimeter selembar daun, serta lebar bisa mencapai 12 cm. Bunganya tidak besar, berbentuk seperti mawar, paling besar diameter sekitar dua centimeter saja. Tapi wanginya seolah dapat membuat perasaan jadi tenang.

Di musim dingin hanya batang dan bunga kuning saja yang mekar. Setelah bunga rontok mulai Maret nanti, akan muncullah daun-daun hijau dan panjang itu. Lalu saat musim gugur akan rontok semua dan tinggal batang saja di bulan November Desember. Lalu Januari mulailah kuncup kecil dan mekar di pertengahan Januari sampai dengan akhir Februari 2015.

Hana Fantasy di Taman Shimizu, Chiba, Jepang. (Tribunnews.com/Richard Susilo)
Hana Fantasy di Taman Shimizu, Chiba, Jepang. (Tribunnews.com/Richard Susilo)

Di kala hawa masih dingin di Tokyo dan sekitarnya, memang hanya ada bunga Robai yang cantik dan harum itu menjadi pertunjukan menarik di Hana Fantasy. Tetapi saat Maret akhir mungkin akan mulai banyak bunga terlihat terutama bunga Sakura yang sangat cantik. Bunga Sakura hanya mekar selama dua minggu saja sampai dengan sekitar 10 April 2015 sejak sekitar 25 Maret 2015.

Masuk ke Hana Fantasy saat ini harus bayar 300 yen per orang. Tetapi saat musim liburan bisa mencapai 800 yen per orang. Cara menuju ke sana, carilah jalur Joban (JR), lalu turun di Stasiun Kashiwa dan naik kereta jalur Tobu Urban Bank Line, berhenti di Shimizu Koen (Taman Shimizu) hanya 23 menit. Lalu jalan kaki dari stasiun Shimizu Koen ke Shimizu Koen dan ke Hana Fantasy mungkin sekitar 20 menit.

Apabila musim Sakura, kanan kiri jalan tersebut dipenuhi bunga sakura dan masuk ke dalam 30 pilihan lokasi pemandangan bunga Sakura paling direkomendasikan di Jepang.

Source : travel.kompas.com
COMMENT