SHARE THIS ARTICLE

JAPAN-TECHNOLOGY-HITACHI-ROBOT

Salah satu raksasa perusahaan elektronik Jepang Hitachi meluncurkan sebuah kendaraan robot yang dapat menaikturunkan penumpang secara mandiri.

Kendaraan bernama ROPITS (Robot for Personal Intelligent Transport System) berkursi penumpang tunggal ini dimaksudkan untuk digunakan di atas trotoar, atau bahkan digunakan di dalam ruangan untuk keluar masuk lift.

ROPITS dilengkapi dengan GPS untuk mencari jalan dan mengandalkan beberapa kamera dan sensor jarak laser 2D dan 3D untk menghindari rintangan (termasuk pejalan kaki), dan akan melambatkan kecepatannya di ruang sempit. Sensor gyro dari kendaraan itu akan membantu posisi kendaraan itu tetap tegak pada permukaan yang tidak rata.

ropits 02

Penumpang masuk ke dalam ROPITS melalui ruang depan dan menentukan tujuan mereka menggunakan sebuah antarmuka tablet berlayar sentuh. ROPITS mengambil alih kerja kita dari situ. Jika terjadi situasi darurat, penumpang dapat mengendalikan kendaraan dengan menggunakan sebuah joystick yang terdapat di kokpitnya.

Hitachi mendemonstrasikan ROPITS di kota Tsukuba Jepang dan mengatakan bahwa kendaraan ini ditujukan untuk para penduduk berusia lanjut yang telah memiliki kesulitan berjalan kaki. Mereka mengatakan bahwa uji coba tambahan untuk ROPITS akan dilakukan di Tsukuba (yang dianggap sebagai kota ilmu berteknologi tinggi) untuk meningkatkan kemampuan perangkat tersebut untuk melayani sebagai pengangkut mandiri manusia dan barang. Perusahaan tersebut berencana untuk menambah detil teknologi tersebut di ajang Japan Society of Mechanical Engineers Conference on Robotics and Mechatronics pada bulan Mei mendatang.

Mendapat tenaga dari sebuah baterai lithium ion, kendaraan kecil ini dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 3,7 mph dan dilaporkan mencapai tujuan dengan margin error hingga 3 meter.

Source : CNET
COMMENT