SHARE THIS ARTICLE

Jepang, Negeri Robot ini mempunyai cara-cara unik untuk menarik perhatian dunia internasional. Salah satunya dengan mengikutsertakan robot ‘berperasaan’ mereka yang pertama untuk ikut tantangan diguyur air es.

robot-rp-23-juta-ikut-tantangan-ice-bucket-challenge

Perusahaan teknologi asal Jepang, Softbank, menyuruh robot ‘manusia’ (humanoid) buatan mereka “Pepper” untuk mengikuti tantangan Ice Bucket Challenge. Namun, jangan bayangkan bila Softbank akan merelakan robot berharga Rp 23 juta mereka disiram dengan air es begitu saja.

Pepper sendiri sebenarnya mampu bertahan dari siraman air dalam skala kecil, tetapi jelas sangat berbahaya jika langsung diguyur oleh satu ember penuh air es. Sirkuit-sirkuit di dalam tubuh Pepper dapat dengan mudah mengalami konsleting. Oleh sebab itu, robot-robot tersebut hanya akan membantu menyiramkan air pada ‘korban’ dari tantangan Ice Bucket Challenge.

Ya, dalam video yang diunggah oleh Softbank di YouTube, terdapat tiga robot Pepper yang telah dipasangi jas hujan dan diprogram untuk menarik timba yang akan mengguyur si korban. Uniknya, Softbank turut menyertakan satu robot lain untuk dijadikan sebagai pembawa acara tantangan Ice Bucket Challenge versi Jepang kali ini.

Sayangnya, video yang masih berumur 2 hari dan ditonton oleh 2 ribuan orang itu tidak menyertakan link atau tautan untuk menyumbangkan dana pada para korban penyakit ALS. Yang tim Softbank lakukan adalah meminta bantuan dana untuk membantu mengembangkan robot Pepper.

COMMENT