SHARE THIS ARTICLE

talking-humanoid-robot-osaka-japan

Sebuah robot humanoid wanita yang dapat meniru berbagai ekspresi wajah menghibur para pengunjung di sebuah department store di Osaka, Jepang barat pada hari Jumat, dengan menanggapi berbagai pertanyaan yang telah disiapkan sambil mengubahberbagai ekspresi wajahnya dan berkedip.

Robot setinggi 160 cm yang diberi nama Minami tersebut, menyerupai wanita berusia 20 tahunan mengenakan sweater kuning dan syal, ia berkata, “Saya suka mencari tempat-tempat menarik, tetapi kurang dikenal di Osaka,” dalam menanggapi pertanyaan tentang hobinya yang diberikan pada panel sentuh di outlet Takashimaya.

Minami mengambil model dari wanita nyata. Ia bisa tersenyum, cemberut atau menunjukkan berbagai emosi lainnya dengan cara menyesuaikan kulit silikonnya dengan tekanan udara.

Minami ditemani oleh android pria yang mengambil model dari Profesor ahli robotika Hiroshi Ishiguro dari Osaka University. Hiroshi mengembangkan android wanita tersebut. Kreasi terbaru dari Hiroshi berbicara ketika orang-orang  terdeteksi melalui berbagai kamera dan sensor yang dipasang di sekitarnya. Android pria tersebut menjelaskan bahwa Minami bisa mengadakan percakapan dengan memindai berbagai ekspresi wajah dan gerak tubuh orang-orang dengan berbagai mikro-kamera dan sensor dan menilai situasi.

para pengunjung menggunakan panel sentuh untuk memberi salam pada Minami. Minami menjawab bahwa ia senang bertemu mereka.

Source: english.kyodonews.jp & www3.nhk.or.jp

COMMENT