SHARE THIS ARTICLE

robearJepang adalah negara yang sering menjadi pelopor untuk teknologi robotika. Penggunaan robot di dalam industri otomotif mereka mempercepat produksi kendaraan dan membuat kendaraan diproduksi secara massal. Kini Jepang juga memiliki robot baru bernama Robear.

RoBear adalah robot yang berwujud seperti seekor beruang kutub yang dibuat untuk membantu mengangkat orang tua yang tinggal di rumah jompo di Jepang. Jepang memiliki jumlah lansia yang tertinggi di dunia dan saat ini semakin meningkat. Golongan ini membutuhkan bantuan untuk ke toilet dan turun dari tempat tidur untuk menggunakan kursi roda. Diperkirakan setiap hari seorang perawat harus mengangkat 40 orang pasien tua. Ini menyebakkan cedera tulang belakang pada perawat dan juga kepada pasien apabila terjadi kelalaian.

RoBear adalah robot pengangkat pasien versi ketiga yang diproduksi oleh RIKEN-SRK yang berbasis di Nagoya. Robot lucu ini mampu mengangkat pasien dengan berat maksimal 80 kilogram. Sensor khusus di tangan RoBear dapat mengangkat pasien dengan cukup cermat untuk memastikan mereka diangkat dengan aman dan nyaman. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ia memiliki rupa seperti seekor beruang kutub. Rupa ini dipilih karena membuat pasien lebih nyaman, terasa aman dan nyaman dengan kelucuannya.

Source : amanz.id
COMMENT