SHARE THIS ARTICLE

Bagi mereka yang tertarik akan karya seni tradisional Jepang, pasti tidak asing lagi dengan nama Rinpa. Sekolah melukis yang berada di Kyoto ini sudah memiliki nama besar dalam dunia seni Jepang, di mana salah satu pendirinya yaitu Hon’ami Koetsu memiliki andil besar dalam perkembangan komunitas seni (geijutsu-mura) di Takagamine, Kyoto.

tripadvisor
image: tripadvisor.com

Karenanya, semua lukisan yang dihasilkan dari Rinpa selalu memiliki ciri khas dan karakter yang sangat kuat. Dapat dilihat dari komposisi desain nan tegas, penggunaan warna-warna perak dan emas sebagai latar belakang. Serta penggunaan pola-pola yang mudah dikenali seperti orang dan binantang dari cerita rakyat maupun pemandangan alam. Tengok saja lukisan pemandangan berjudul Spring Landscape yang sangat indah menampilkan aura Jepang di bawah ini.

wikipedia
image: en.wikipedia.org

Kini dalam perayaan 400 tahun berdirinya sejak abad 17 silam, sekolah melukis Rinpa menghelat sebuah acara menarik bernama Rinpa x Anime Homage Exhibit di department store Kyoto Loft yang terletak di kompleks perbelanjaan Mina Kyoto dari awal tahun hingga 17 januari 2016. Ini bukan sekedar pameran karya mereka seperti biasanya, namun dengan melibatkan karya seni yang diproduksi oleh retailer cinderamata anime/komik Chara-Ani.

prtimes.jp
image: prtimes.jp

Karenanya jangan heran bila melihat ada lukisan yang bertema Astro Boy dipajang di sana. Malahan seperti dilansir AllAboutJapan, semua karya seni dari master manga Osamu Tezuka banyak dihadirkan di sana.

Sebagai contoh adalah karakter phoenix yang diambil dari anime karya Tezuka berjudul Hi no Tori. Sebuah subjek sempurna untuk dilukiskan dalam gaya tradisional Rinpa, dengan tekstur kertas Jepang yang khas berlatar belakang warna emas nan brilian membuat sebuah karya yang sangat indah.

prtimes.jp
image: prtimes.jp

Lantas bagaimana halnya dengan Astro Boy yang sangat futuristik? Tidak perlu ragu menikmati sebab sang bocah robot ini dapat melebur dengan apik dalam lukisan Rinpa. Sebagaimana perpaduan karakter dari anime Kimba the White Lion dan Unico yang tergambar sangat menggemaskan. Semua karya ini dapat dikatakan impresif dan seolah-olah tidak lekang oleh waktu seperti karya Tezuka yang akan selalu dikenang.

prtimes.jp
image: prtimes.jp
prtimes.jp
image: prtimes.jp

Ternyata tidak hanya karya sang Maestro Tezuka yang dijadikan tema. Pengunjung masih dapat melihat beberapa karya lain bertema anime seperti Hello Kitty maupun Lucky Star dalam gaya Rinpa dan membeli cinderamata seperti alat tulis dan aksesoris smartphone. Untuk kalian yang liburan Tahun Baru 2016 di Kyoto, Rinpa x Anime Homage Exhibit adalah sebuah event langka yang tidak boleh dilewatkan!

Source : allabout-japan.com
COMMENT