[REVIEW] Alive, Album Baru Do As Infinity Yang Tidak Begitu Terdengar Hidup


Sekitar 6 bulan yang lalu, Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung karena kedatangan band J-Pop legendaris yang sudah terbentuk sejak tahun 1999, Do As Infinity (DAI). Nama Do As Infinity meroket berkat single ke-10 mereka tahun 2001 yang berjudul Fukai Mori yang juga menjadi lagu penutup kedua serial anime populer pada waktu itu, Inuyasha. Grup band yang dibentuk oleh Dai Nagao saat ini beranggotakan dua orang, Tomiko Van (Vokal) dan Ryo Owatari (Gitar). Dalam 19 tahun perjalanannya, pada tahun 2005 grup band ini sempat bubar dan terbentuk kembali pada tahun 2008. Sebelumnya, DAI telah merilis 11 album, tidak termasuk album kompilasi dan album live.


8947d30e-9913-4120-9615-2e58faa92f5a.jpg

Pada tanggal 28 Februari 2018, grup band ini merilis album ke-12 mereka yang berjudul Alive, 3 tahun setelah album Brand New Days. Setelah terbentuk kembali, grup band ini bisa dibilang cukup produktif dalam merilis album dan cukup aktif dalam melakukan tur. Di album terbarunya ini, DAI bekerja sama dengan produser berbakat Hiroyuki Sawano yang terkenal dengan beberapa karyanya di berbagai judul anime dan film.

80b4a48136d490681c68b2db92593f7380c72f39.jpeg


Secara keseluruhan, album Alive memberikan warna baru dan segar pada musik DAI yang bisa dibilang sudah cukup usang untuk bersaing dengan musik yang disajikan saat ini. Hiroyuki Sawano banyak memberikan warna musik digital dan elektronik pada album ini. Namun, highlight album ini hanya berpusat pada satu lagu yang berjudul sama dengan albumnya, Alive. Hampir seluruh lagu pada album ini bernuansa mirip dengan single tersebut dengan pengecualian 2 lagu ballad yang menawan yaitu Hi no Tori dan Yuiitsu no Shinjitsu. Sebenarnya bukan hal yang buruk untuk merilis album dengan tema yang konsisten, jika saja DAI tidak merilis 3 single sebelum album ini yang seluruh lagunya masuk ke dalam album tersebut. Dengan total 6 lagu yang sudah dirilis sebelumnya, praktis album ini hanya menyajikan 4 lagu baru termasuk ~ prologue ~ dan ~ epilogue ~ yang  walaupun hanya sekedar intro dan outro, namun disajikan dengan sangat baikDengan demikian, fans yang setia mengikuti seluruh rilisan DAI tidak mendapatkan hal yang baru pada album ini. Namun, apabila kita beranggapan 3 single tersebut tidak dirilis sebelumnya, album ini akan lebih baik diterima oleh para pendengarnya dan bukan hanya sekedar rangkuman dari karya Do As Infinity setengah tahun terakhir.

DXFZYWLU8AAUQ7G.jpg_large.jpeg

Tracklist album Alive:

  1. ~ prologue ~
  2. Alive
  3. GET OVER IT
  4. Hi no Tori
  5. To Know You
  6. Iron Hornet
  7. Silver Moon
  8. Kenshin no Jyuu
  9. Yuiitsu no Shinjitsu
  10. ~ epilogue ~

(featured images: Do As Infinity Official Website,  UtaTen,  mu-mo station, Do As Infinity Official Twitter)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
3
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes