SHARE THIS ARTICLE

Resep Tataki Daging Jahe Dengan Saus Jeruk Khas Jepang

Tataki daging sapi adalah daging sapi mentah yang diolah menggunakan metode khas Jepang dalam mempersiapkan daging yang ditumbuk dengan jahe untuk memberikan rasa yang menjadi kunci bagi hidangan ini. Kata tataki sendiri berarti “tumbuk” atau “memukul sampai terpisah.” Tataki daging tersebut kemudian dipanaskan di atas api atau di atas wajan dalam waktu yang sangat singkat dan dicelupkan dalam bumbu yang sudah disiapkan. Mau tahu bahan dan cara pembuatannya? Yuk lihat di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

600g daging sapi fillet, sisihkan kelebihan lemaknya
1 sendok makan minyak zaitun
1/4 cangkir (60ml) sushi soy sauce
2 sendok makan mirin (bisa diganti bahan lain sesuai selera)
5 bawang daun, dipangkas, iris tipis
2 sendok makan jus lemon
1 sendok makan gula merah
2 siung bawang putih, ditumbuk
2 sendok teh jahe segar diparut halus
250g tauge, dipangkas
5 bawang daun, dipangkas, iris tipis, untuk tambahan
1 sdm minyak wijen
2 sendok makan sushi soy sauce, untuk tambahan
2 sendok makan jus lemon, untuk tambahan

Cara pembuatan:

Bumbui daging sapi dengan garam dan merica secukupnya. Panaskan minyak zaitun dalam wajan besar di atas api sedang-tinggi. Tambahkan daging sapi dan masak, balik, selama 10 menit atau hingga berwarna coklat di seluruh bagiannya. Angkat dan tutup dengan foil. Pisahkan sapi yang telah disisihkan selama 10 menit.

Campurkan soy sauce, mirin, bawang daun, air jeruk nipis, gula, bawang putih dan jahe dengan jus dalam loyang besar. Kocok untuk mencampurkannya. Tambahkan daging sapi dan balik untuk melapisinya dalam bumbu. Sisihkan hingga dingin. Tutup dengan bungkus plastik dan tempatkan dalam lemari es selama 1 jam untuk mengembangkan rasanya.

Campurkan tauge, bawang daun tambahan dan minyak wijen bersama-sama dalam mangkuk sedang. Iris tipis daging sapi dan atur di atas piring saji. Tambahkan daging sapi dengan tauge di atasnya. Campurkan saus dan jus lemon tambahan bersama-sama dan sajikan dalam mangkuk kecil dengan daging sapi tataki.

Source : japanbullet.com
COMMENT