SHARE THIS ARTICLE

Sushi roll, atau dalam bahasa Jepang disebut makizushi, adalah sushi berupa nasi yang digulung dengan nori dan berbagai isian di tengahnya. Sushi berbentuk gulungan ini bisa kalian buat sendiri di rumah dengan cara yang mudah lho, walau hasilnya mungkin tidak sempurna tapi tetap akan terasa lezat. Yuk coba buat sushi roll sendiri dengan melihat resep berikut ini dilansir dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

1 sendok makan cuka beras Jepang
4 cangkir nasi dari beras merah
6 lembar nori
1 mentimun Lebanon
1 alpukat besar, dibelah dua, buang bijinya, kupas
3/4 hingga 1 sendok teh wasabi
250g tauge
180g serpihan seafood, setiap serpihan dibelah dua secara diagonal
Tamari, untuk penyajian

Cara pembuatan:

Aduk cuka dengan nasi. Jika panas, biarkan hingga benar-benar dingin. Potong lembaran nori menjadi setengah melintang hingga menjadi 12 lembar berukuran 10 cm x 18 cm berbentuk persegi panjang. Pangkas ujung mentimun dan potong menjadi 12 buah berukuran 1 cm x 11 cm berbentuk seperti tongkat. Potong lagi setiap alpukat menjadi setengah memanjang. Potong masing-masing panjangnya hingga menjadi tiga potong.

Tempatkan nori yang berbentuk persegi panjang, dengan sisi mengkilap di bagian bawah, pada permukaan yang datar dan bersih. Tuangkan bahan-bahan dari ujungnya yang pendek, sebarkan 1/3 cangkir nasi di atas nori, sisakan 2 cm bagian di ujung atas nori. Sebarkan wasabi melintang di tengah nasi.

Sebarkan beberapa tauge di atas nasi. Tempatkan sepotong alpukat melintang di tengah lembaran (di posisi yang sama seperti wasabi). Tempatkan sepotong mentimun dan 2 serpihan seafood di bagian di atas.

Oleskan air di bagian 2 cm dari atas nori yang disisakan. Dari bagian ujung, gulung nori hingga menutupi isiannya. Ulangi dengan bahan yang tersisa untuk membuat 12 gulungan. Sajikan dengan tamari untuk celupannya.

Source : japanbullet.com
COMMENT