SHARE THIS ARTICLE

Resep sumashijiru, sup bening dari JepangUntuk berbagai kesempatan mulai dari makanan dari sehari-hari yang santai seperti donburi, dan juga untuk hidangan yang lebih formal seperti sushi, sumashijiru adalah pilihan yang mudah tapi lezat jika kalian ingin mencoba sup Jepang selain sup miso. Namun dibandingkan dengan sup miso, sumashijiru memiliki nuansa yang sedikit lebih inovatif. Ozoni, sup tahun baru yang disajikan dengan mochi, adalah contoh lain dari sup sejenis sumashijiru.

Seperti dilansir dari japanesecooking101.com, sumashijiru adalah sup bening dari Jepang yang sangat sederhana, yang juga disebut suimono. Sangat penting untuk menggunakan kaldu berkualitas baik dalam penyajiannya. Untuk itu, gunakan kaldu dari kombinasi kombu (rumput laut kering) dan katsuobushi (bonito flakes kering) yang disebut Ichiban Dashi, yang memiliki rasa yang lebih kompleks daripada dashi dengan hanya katsuobushi.

Karena dapati disajikan dengan sederhana, sup ini juga dapat dinikmati dengan mengubah bahan-bahan di dalamnya dengan hidangan lainnya. Selain menggunakan daging atau sayuran yang berbeda yang diinginkan, kalian juga dapat menggunakan tofu dan mitsuba lezat yang menyegarkan. Untuk hidangan yang lebih meriah dalam acara-acara khusus, orang-orang juga sering menggunakan bahan makanan dari laut seperti kerang dan ikan di dalam sup ini.

Bahan-bahan

3 gelas air
Kombu (rumput laut kering dari jenis laminaria) berukuran 4×2 inci
Segenggam katsuobushi (bonito flakes kering)
1 sdm kecap
1 sdm sake/dapat diganti bumbu lain
1/4-1/2 sdt garam
1/2 blok tahu/tofu
1/2 ikat mitsuba

Cara membuatnya

1. Masukkan air dan kombu dalam panci dan panaskan dengan api sedang hingga sebelum mendidih. Pisahkan kombu. Tambahkan katsuobushi dan biarkan air mendidih kemudian segera matikan apinya. Diamkan selama 5 menit dan saring.
2. Bumbui kaldu dashi dengan kecap, sake, dan garam.
3. Potong tofu menjadi kubus berukuran 1/2 inci dan potong mitsuba secara kasar.
4. Tambahkan tofu ke dalam sup dan masak selama satu menit. Tuang sup ke dalam mangkuk dan taburi mitsuba.

Source : japanesecooking101.com
COMMENT