SHARE THIS ARTICLE

 

Resep steak dengan saus miso jamur khas Jepang, yuk kita coba membuatnya!Hampir setiap hari kita menikmati menu rumahan baik yang dimasak oleh keluarga maupun masakan di kantin atau rumah makan di sekitar tempat kita tinggal, tapi kadang bosan juga ya? Biar tidak bosan, yuk kita coba membuat steak berkualitas yang lembut dan empuk untuk disantap, apalagi ditambah dengan saus miso jamur khas Jepang. Yummy!

Dilansir dari houseofjapan.com, banyak orang Jepang yang menyukai steak dengan tambahan saus miso jamur. Steak dengan saus miso jamur memang paling enak, empuk, dan lezat, walau ada banyak varian steak lainnya. Cara membuatnya juga mudah, praktis dan sederhana. Yuk kita lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya di bawah ini!

Bahan-bahan

1 sendok makan mirin (bisa diganti bumbu lain sesuai selera)
1 sendok teh minyak wijen
3 sendok makan jamur atau soy sauce biasa
2 sendok makan minyak bunga matahari
4 x 200g daging steak
2 tandan asparagus tipis, dipotong tipis-tipis
120g jamur campuran (seperti shiitake dan enoki)
1/2 sendok teh gula pasir
1 cangkir (250 ml) Campbell’s Real Stock Chicken/kaldu
1 1/2 sendok makan pasta miso putih (shiro)
2 sendok makan krim yang dikentalkan
2 sendok makan daun bawang dipotong-potong

Cara pembuatan

Langkah 1
Campurkan mirin, minyak wijen, 2 sendok makan kecap kedelai dan 1 sendok makan minyak bunga matahari dalam mangkuk. Oleskan pada steak dan asparagus, lalu sisihkan saat kalian membuat sausnya.

Langkah 2
Panas minyak bunga matahari yang tersisa dalam wajan di atas api sedang-tinggi. Tambahkan jamur dan lembutkan selama 1-2 menit. Aduk gula, kaldu, miso, krim dan sisa kecap kedelai, didihkan, lalu masak di atas api kecil selama 1-2 menit sampai saus sedikit mengental. Jaga agar tetap hangat.

Langkah 3
Panaskan wajan chargrill dengan panas yang tinggi. Masak steak selama 2-3 menit di setiap sisinya hingga matang sedang, atau hingga benar-benar matang sesuai dengan keinginan kalian. Tempatkan di piring dan biarkan hingga mengering, tutupi dengan foil. Masak asparagus, aduk selama 1-2 menit hingga cukup empuk dan berwarna hangus sedang.

Langkah 4
Iris-iris steak dan tempatkan di piring dengan asparagus. Tuangi steak dengan saus dan hiasi dengan daun bawang.

Source : houseofjapan.com
COMMENT