SHARE THIS ARTICLE

Resep Scallop Salad Dengan Saus Miso Khas Jepang

Resep kali ini akan menampilkan scallop salad dengan balutan saus miso khas Jepang yang lezat. Bagi yang belum mengetahuinya, scallop adalah daging kerang kampak, yaitu kerang laut atau kerang air asin yang dagingnya berwarna putih susu kekuningan, yang lembut dan empuk serta kaya manfaat bagi tubuh. Lebih dari 80% bagian scallop adalah protein, dan karena masih keluarga kerang tentu saja scallop memiliki kandungan mineral yang tinggi. Bagaimana kalau scallop dipadukan dengan bumbu khas Jepang? Yuk lihat cara membuat scallop salad yang lezat di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

1 ikat asparagus, pangkas ujungnya
150g kacang kapri, pangkas bagian atasnya
1 ikat (250g) selada air, dicuci, dikeringkan, dipetik daunnya
2 sendok makan biji wijen
1 sendok makan minyak zaitun
24 scallop

Saus Miso:

75g (1/4 cangkir) pasta miso beras putih (Shiro)
2 sdm air mendidih
1 sdt gula kastor (gula yang memiliki bentuk yang lebih halus daripada gula pasir)
2 sendok makan cuka putih
1 sendok teh minyak wijen

Cara pembuatan:

Isi setengah bagian wastafel dengan air dingin. Isi panci besar dengan air mendidih. Tambahkan asparagus dan masak tanpa ditutup selama 15 detik.

Tambahkan kacang kapri dan masak selama 30 detik atau hingga berwarna hijau terang dan renyah. Gunakan saringan logam atau sendok besar untuk memindahkan kacang kapri ke saringan yang diletakkan di atas mangkuk. Letakkan saringan di wastafel berisi air dingin selama 1-2 menit atau hingga sayuran dingin. Tiriskan dan keringkan dengan kertas tisu.

Iris asparagus secara diagonal menjadi 3 bagian dengan panjang yang sama dan iris kacang kapri secara diagonal menjadi setengahnya. Campurkan selada air, asparagus dan kacang kapri dalam mangkuk besar. Aduk.

Untuk membuat saus miso, kocok miso, air dan gula dalam mangkuk kecil hingga miso larut. Kocok dengan campuran cuka dan minyak wijen.

Panaskan wajan besar anti lengket di atas api sedang. Tambahkan biji wijen dan masak, aduk, selama 2-3 menit atau hingga berwarna keemasan. Pindahkan ke piring dan sisihkan. Tambahkan minyak ke dalam panci dan naikkan panasnya hingga sedang-tinggi. Tambahkan scallop dan masak selama 1-2 menit setiap sisinya atau hingga matang dan berwarna keemasan. Tambahkan biji wijen dan aduk.

Pisahkan campuran selada air di antara beberapa piring saji. Tuangkan di atasnya dengan kerang dan siram dengan saus miso. Sajikan dengan segera.

Source : japanbullet.com
COMMENT