SHARE THIS ARTICLE

Ada beraneka macam olahan masakan yang bisa dibuat dari ikan salmon, salah satu jenis ikan yang penuh dengan vitamin dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Ikan salmon sendiri biasanya di Jepang dijadikan bahan utama untuk sushi atau sashimi sebagai hidangan utama yang nikmat dan lezat. Berikut ini disajikan resep salmon Jepang yang dibungkus nori dengan kuah kaldu miso dikutip dari japanbullet.com. Yuk lihat cara pembuatannya di bawah ini!

Bahan-bahan:

18 jamur shiitake kering
375ml (11/2 cangkir) air mendidih
2 sendok makan pasta miso barley
2L (8 gelas) air
6 lembar nori (rumput laut panggang) ukuran 20 x 20cm
6 fillet salmon, (masing-masing sekitar 180g dan tebal 2cm) buang kulitnya
5cm jahe segar, kupas, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
60ml (1/4 cangkir) soy sauce
250g mie udon kering
6 bawang daun, dipangkas, iris tipis diagonal
Sejumput garam

Cara pembuatan:

Tempatkan jamur dalam mangkuk tahan panas dan tuangkan air mendidih. Sisihkan selama 10 menit atau hingga jamur lunak. Tiriskan, simpan airnya. Iris jamur tipis-tipis dan sisihkan.

Sementara itu, tempatkan pasta miso dalam wadah kecil, tambahkan 1 cangkir air dan aduk hingga pasta encer. Sisihkan. Tempatkan 1 lembar nori pada permukaan yang datar dan bersih. Tempatkan 1 buah salmon di tepi lembaran nori. Lipat lembaran nori di atas salmon dan gulung hingga membentuk seperti bingkisan. Ulangi dengan salmon dan lembaran nori yang tersisa.

Atur bungkusan salmon tersebut, dengan sisi bawahnya melekat, dalam kukusan bambu ukuran 25cm. Tambahkan air yang cukup ke wajan ukuran sedang hingga mencapai kedalaman 5 cm (sekitar 3 cangkir) dan panaskan hingga mendidih. Kurangi panas hingga sedang dan tempatkan kukusan bambu di atas air. Tutup rapat dan kukus selama 4 1/2 menit hingga sedang atau hingga matang sesuai dengan keinginan kalian.

Sementara bungkusan salmon dimasak, tempatkan sisa air jamur yang telah disimpan, jahe, bawang putih dan soy sauce ke dalam panci. Panaskan hingga mendidih. Tambahkan mie dan masak, buka tutupnya, aduk sesekali, selama 5 menit atau hingga mie menjadi lembut. Angkat dari api dan aduk irisan jamur, kuah miso dan bawang hijau. Tambahkan garam.

Untuk penyajian, iris setiap bungkus salmon secara diagonal menjadi 3 bagian yang sama. Gunakan penjepit untuk membagi mie di antara mangkuk saji ceper dan tempatkan di atas kaldu miso yang panas. Letakkan salmon di atas mie dan sajikan segera.

Source : japanbullet.com
COMMENT