SHARE THIS ARTICLE

Inspirasi akan kreasi makanan bisa berasal dari mana saja. Termasuk dari seorang yang lahir di daerah dengan percampuran budaya yang kental. Seperti pria yang membagikan resep salad chirimen jako renyah ini. Inspirasi akan makanan unik ini lahir dari ibunya yang merupakan seorang warga Jepang namun pernah tinggal lama di Hawaii, sehingga variasi selalu dihadirkan di meja makan. Berikut ini ada resep salad chirimen jako renyah pengundang selera.

Bahan-bahan:

1 bungkus (100 gram) chirimen jako (ikan sarden kecil asin semi kering)
3 sendok makan minyak salad
3 sendok makan minyak wijen
3 sendok makan kecap asin
1 kepala selada
1 tomat yang dipotong persegi
1 bungkus tofu lembut, dipotong menjadi ukuran kecil-kecil
1/4 mangkuk daun bawang yang sudah dipotong-potong sebagai hiasan

Cara pembuatan

1. Bersihkan selada di air dingin, keringkan dan urai menjadi ukuran kecil-kecil dengan tangan. Taruh dalam mangkuk penyajian besar. Di atasnya tambahkan tofu dan tomat lalu taruh mangkuk di kulkas untuk menjaganya agar tetap renyah.

2. Di wajan penggorengan kecil, campurkan minyak salad dan minyak wijen. Panaskan dengan panas sedang sampai kalian dapat mencium aroma dari minyak wijen dalam beberapa menit saja. Kemudian taruh satu bungkus chirimen jako. Aduk terus sampai warna putih chirimen jako berubah menjadi semu cokelat, kemudian matikan api.

3. Ambil mangkuk salad dari kulkas dan bawalah ke meja makan. Tuang bahan-bahan dari wajan penggorengan ke salad dengan hati-hati. Nantinya akan dapat terdengar suara retakan yang berasal dari panas minyak saat menyentuh dinginnya salad dan tofu.

4. Terakhir, tuang kecap asin sehingga akan muncul rasa yang khas. Hidangkan dengan hiasan daun bawang.

Salad chirimen jako ini mengandung kasium yang tinggi dan beraroma sangat lezat. Anak-anak pasti akan sangat terkenang dengan makanan yang sangat cocok dihidangkan dari musim dingin ke musim gugur.

Jadi tidak sabar ingin segera mencobanya, ya?

Source : japantoday.com
COMMENT