SHARE THIS ARTICLE

Resep Praktis Membuat Yaki Udon DagingMasakan Jepang merupakan aneka sajian yang dimasak dengan cara khusus dan hanya berkembang secara unik dan khas di Jepang saja serta memakai bahan-bahan mentah yang diambil di sekitar Jepang dan beberapa negara tetangga terdekat yang memiliki kesamaan selera di mana istilah untuk kuliner tersebut dikenal sebagai Washoku.

Salah satu kudapan dari Jepang yang mudah dipraktekkan di rumah dan berasa sangat gurih adalah yaki udon daging. Udon merupakan mie Jepang berukuran tebal dan populer sebagai bahan dasar berbagai masakan khas Jepang, berwarna putih dengan ukuran besar, terbuat dari tepung gandum, enak disantap ketika hidangan masih panas atau sudah dingin.

Pengolahannya bisa dicampur dengan daging atau sayuran seperti kol, daun selada, wortel, dan paprika. Mie Jepang lain yang memiliki fungsi sama dengan udon adalah soba, rice stick, mie telur (populer di Indonesia dan Cina), bihun (untuk sajian khas Vietnam dan Thailand), dan hokkien.

Cara membuat yaki udon daging adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan

400 gram udon basah,
2 sdm minyak sayur untuk menumis,
75 gram daging has sapi, iris tipis-tipis,
5 Iembar daun kucai, potong 4 cm
1 sdm saus tiram

Bumbu yang diperlukan

20 gram bawang bombay, potong atau cincang kasar,
1 siung bawang putih, memarkan, cincang,
1/2 sdt merica hitam, di tumbuk halus,
2 sdm kecap asin,
penyedap rasa dan garam secukupnya.

Cara memasak

1. Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging, aduk-aduk hingga kaku dan berwarna kecoklatan.

2. Tambahkan kucai, merica hitam, saus tiram, kecap asin, aduk hingga rata.

3. Masukkan udon, aduk hingga rata sambil bubuhkan garam dan penyedap rasa, aduk sekali lagi hingga semua bumbu terserap merata.

4. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Penyajiannya adalah dengan sepiring nasih putih. Selamat mencoba!

Source : teruskan.com
COMMENT