SHARE THIS ARTICLE

Jepang sudah dikenal sebagai negara yang penduduknya mengkonsumsi hidangan dengan bahan baku ikan mentah dibandingkan dengan negara lain. Tapi, ada juga lho hidangan berupa ikan yang digoreng, yaitu Nanbanzuke.

Resep Nanbanzuke, Ikan Goreng Bumbu Cuka & Bawang dari Jepang

Hidangan Jepang ini dibuat dengan bahan dasar ikan kakap yang digoreng, diberi sambal, cuka, bawang, dan bumbu lainnya. Mau coba membuat Nanbanzuke yang lezat ini? Yuk, lihat resepnya di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

60ml (1/4 cangkir) cuka anggur beras
55g (1/4 cangkir) gula kastor/gula halus
2 sendok makan soy sauce
1/2 bawang merah, iris tipis
1/2 paprika merah, buang bijinya, iris tipis
2 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan tepung jagung
300g fillet ikan kakap, potong menjadi lembaran berukuran 5 x 2 cm
minyak sayur, untuk menumis
nasi, untuk penyajian

Cara pembuatan:

Tempatkan cuka, gula dan soy sauce dalam panci kecil di atas api sedang. Masak, aduk, hingga gula larut. Didihkan selama 5 menit atau hingga campurannya sedikit berkurang. Tambahkan bawang dan paprika dan sisihkan supaya dingin.

Tempatkan campuran tepung di piring. Tambahkan ikan dan aduk untuk melapisinya. Tambahkan minyak ke wajan besar hingga 1cm ke sisi panci. Panaskan di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ikan dan masak selama 2 menit, balik hingga matang. Pindahkan ikan ke piring yang dilapisi dengan kertas tisu. Pindahkan ke dalam mangkuk tahan panas dan tuangkan campuran cuka. Aduk rata. Sisihkan selama 1 jam untuk menyerap rasanya.

Tempatkan nasi di mangkuk saji. Tuangkan campuran ikan di atasnya.

Source : japanbullet.com
COMMENT