SHARE THIS ARTICLE

Resep membuat sayuran dengan saus tofu yang cepat dan mudah ala JepangDi Jepang ada suatu hidangan populer yang dapat memiliki banyak langkah untuk membuatnya, mulai dari bahan-bahannya hingga menumbuk wijen. Hidangan tersebut adalah shira-ae. Pada 1960-an, seorang ahli memasak bernama Yasuko Horie diminta oleh salah satu produsen peralatan elektronik untuk menguji jumlah dan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan sayuran secara rinci ketika oven microwave pertama kali dipasarkan di Jepang.

Seperti dikutip dari houseofjapan.com, Horie yang saat ini telah berumur 92 tahun dikenal karena berbagai kreasi hidangannya yang “mudah untuk dibuat, namun tetap enak”, dan ia tidak takut untuk membuat kreasi tradisionalnya dengan gadget kuliner terbaru. Melalui berbagai peralatan modern, Horie melewatkan metode tradisional dengan mendapatkan hasil yang sama. Akhir-akhir ini seringkali terasa sulit untuk meluangkan waktu untuk mempersiapkan dan memasak makanan secara teratur di rumah karena jumlah keluarga yang berpenghasilan ganda meningkat.

Sejak tahun 1960-an itulah, microwave memainkan peranan yang besar ketika ia membuat hidangan seperti ayam kukus dan “Kinton” (ubi manis atau pasta cokelat). Pada suatu acara televisi, ketika Yasuko memperkenalkan “shira-ae,” sayuran yang disiram pasta tahu, menggunakan food processor baru, stasiun TV itu dibanjiri dengan pertanyaan. Horie ingat ada seorang mahasiswa muda yang mengatakan, “Saya tidak tahu bahwa shira-ae sangat sederhana untuk dibuat dan lezat.”

Horie juga telah mewariskan keahliannya ke putrinya, Hiroko yang berumur 67 tahun, dan cucunya Sawako yang berumur 41 tahun. Hiroko, yang telah mengikuti jejak ibunya berkata, “Saya suka jalan pintas, daripada mengikuti metode lama, saya ingin menunjukkan cara yang praktis.” Hiroko menambahkan, “Perangkat memasak berkembang dengan cepat. Jika Anda memilihnya dengan baik dan menggunakannya secara efisien, Anda dapat menghemat waktu.”

Resep berikut ini disajikan untuk empat porsi.

Bahan-bahan

1 ikat asparagus hijau
200 gram tofu/tahu (tipe “momen” yang keras)
1/2 batang konnyaku
2 sendok makan (dilebihkan sedikit) biji wijen putih (atau wijen parut)
3 cm wortel
2 sdm miso (tipe yang asin berwarna terang)
2 sdm gula

Cara pembuatan

Potong asparagus 1 cm dari bagian bawahnya. Kupas kulit keras dari bagian bawahnya. Potong-potong menjadi 5 mm di ujungnya. Iris wortel menjadi persegi panjang. Tempatkan asparagus dan wortel dalam piring tahan panas, tuangkan 2 sendok makan air, tutup dengan wadah plastik dan masukkan ke dalam microwave selama 3 hingga 4 menit. Sebarkan di atas saringan/ayakan.

Potong-potong konnyaku menjadi persegi panjang dan rebus. Buang air panasnya dan goreng hingga kering dalam panci yang sama.

Tempatkan paper towel (tisu yang dibuat untuk mengelap) di atas koran, tumbuk tahu hingga hancur dan sebarkan untuk mengeringkan airnya selama 5 hingga 10 menit.

Tumbuk wijen di food processor, tambahkan tahu yang sudah dikeringkan, miso, dan gula dan aduk hingga halus untuk membuat sausnya.

Tempatkan saus dalam mangkuk, tambahkan sayuran yang sudah disiapkan dan campurkan.

Source : houseofjapan.com
COMMENT