Resep Ikan Tongkol Jepang Dengan Saus Miso, Saba no Miso ni


Ikan Tongkol Jepang

Ikan tongkol adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae dan merupakan salah satu ikan yang termasuk ke dalam ikan tuna kecil. Ikan tongkol memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Di Jepang sendiri ikan tongkol bisa dimasak dengan saus miso, yang dinamakan Saba no Miso ni. Untuk menekankan kualitas rasa gurih atau umami-nya, kunci untuk resep ini terletak pada miso cair yang dibumbui dengan kombu. Saat ikan tongkol dipanaskan, miso mampu menyerap ke dalamnya, yang semakin menambah cita rasa dan melembutkan teksturnya. Nikmati hidangan ikan yang sehat dengan rasa yang lezat ini untuk makan siang atau makan malam. Berikut ini ada resep cara membuat Saba no Miso ni, ikan tongkol Jepang dengan saus miso dikutip dari nhk.or.jp.

Bahan-bahan (untuk 2 porsi)

1 ikan tongkol (setengahnya di-fillet) *Gunakan setengahnya dengan tulang punggungnya (200-250 g)

[Larutan Kombu]
150 ml air
1 kombu kelp (6cm persegi)
10 gram jahe

[Saus Miso]
100 gram miso merah (manis)
70 gram gula
3 sdm sake (bisa diganti bumbu lain sesuai selera)
Garam

Cara Pembuatan

Bersihkan kulit ikan tongkol dan potong ikan menjadi setengah.

Taburi nampan dengan garam dan tempatkan ikan tongkol di atasnya. Kemudian taburi ikan dengan garam. Biarkan selama 30 sampai 40 menit hingga garam meleleh.

Tambahkan air dan kombu pada panci. Kupas jahe dan iris tipis. Simpan 1/3 nya untuk digunakan sebagai hiasan. Potong jahe hingga tercabik-cabik dengan baik dan rendam dalam air untuk menghilangkan rasa menyengatnya.

Ketika garam telah meleleh dan kulit ikan sudah mulai berkilau karena lembab, tempatkan ikan dalam saringan bambu dan tuangkan air mendidih di atasnya.

Buat saus miso. Campurkan bahan-bahan secara menyeluruh dalam panci kecil dan kemudian tempatkan di atas kompor dengan panas tinggi, aduk secara terus-menerus. Ketika mulai berkilau, turunkan panas api hingga sedang dan aduk dengan cepat, sehingga kelembabannya menguap hingga cukup tebal.

Tempatkan ikan tongkol di atas kombu dalam panci berisi air, taburi irisan jahe di atasnya, dan letakkan di atas api tinggi.

Ketika sudah mendidih, tambahkan setengah dari saus miso-nya, tempatkan di 3 atau 4 bagiannya. Ketika miso mulai larut, tuangkan cairan mendidih di atas ikan sambil memasaknya di atas api sedang hingga matang secara menyeluruh. Tempatkan di piring dan siram dengan sisa cairan saus miso di atasnya. Tiriskan jahe parut yang direndam dalam air, peras dan hiasi di atas ikan.

(Recipe by Hideko Noguchi)
(Featured image: Photographed by TAKAHIRO IMASHIMIZU via nhk.or.jp)

Source : nhk.or.jp

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Resep Ikan Tongkol Jepang Dengan Saus Miso, Saba no Miso ni

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini