SHARE THIS ARTICLE

Gyudon, atau masakan daging sapi yang disajikan di atas semangkuk nasi panas mungkin adalah salah satu masakan Jepang yang sudah akrab di lidah kita. Masakan yang satu ini mudah ditemukan di berbagai gerai fast food Jepang di Indonesia maupun Jepang. Berikut adalah resep mudah yang bisa diikuti untuk membuat masakan ini di rumah!

BAHAN-BAHAN GYUDON (untuk 2 orang)

Daging sapi 200 gr, iris tipis

Bawang Bombay ½ butir

Jahe ½ ruas

Kaldu 200ml

Shoyu 4 sdm

Mirin 3 sdm

Sake 3 sdm

Gula 1 sdm

Nasi 1 porsi

Beni shouga / irisan jahe merah secukupnya

CARA MEMBUAT

  1. Potong sayuran dan daging. Bawang bombay diiris tipis, sedangkan jahe dicincang. Potong daging menjadi ukuran yang mudah untuk dimakan.
    gyu-001
  2. Masukkan kaldu, daging sapi, bawang bombay dan jahe serta seluruh bumbu (kecuali beni shouga) ke dalam panci, masak dengan api sedang.
    gyu-002
  3. Setelah mendidih, kecilkan api, kemudian biarkan sekitar 10 menit. Hidangkan di atas nasi putih, dan taburkan irisan beni shouga sesuai selera. Gyudon yang lezat siap untuk disantap.
    gyu-003

Dengan memasukkan seluruh bahan sekaligus, waktu memasak gyudon ini akan berkurang. Sesuaikan ukuran irisan bawang bombay, jika ingin cepat jadi, iris lebih tipis bawang bombay agar cepat menjadi lunak dan menyerap rasa dari bumbu-bumbunya. Selamat mencoba!

(All images: allabout.co.jp)

Source : allabout.co.jp
COMMENT