SHARE THIS ARTICLE

Resep Beef Teriyaki Dengan Nasi Ketan dan Mentimun Yang Oishii!

Sudah banyak resep Beef Teriyaki yang telah diulas di Japanese Station, misalnya Beef Teriyaki Sushi, Beef Teriyaki Pasta ala Jepang, Beef Teriyaki dengan salad jagung mini, Beef Teriyaki dengan mie soba, Beef Teriyaki dengan mie udon dan mayonaise wasabi, dan kali ini akan dibahas resep Beef Teriyaki dengan nasi ketan dan timun yang bisa kalian coba sebagai menu makanan yang ringan dan seimbang. Tanpa basa-basi lagi, yuk lihat apa saja bahan dan cara pembuatannya di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

1 cangkir nasi sushi
1/3 cangkir bumbu sushi
1/2 cangkir saus teriyaki
1 siung bawang putih, ditumbuk
2cm jahe segar, kupas, parut halus
600g steak daging sapi
2 mentimun Lebanon, potong tipis seperti pita
2 bawang hijau, iris tipis
1 cabai merah panjang, cincang halus
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok makan biji wijen, dipanggang

Cara Pembuatan:

Bilas dan tiriskan beras hingga 3 kali atau hingga airnya jernih. Tempatkan beras di saringan di atas mangkuk. Keringkan selama 10 menit. Tempatkan beras dan 1 cangkir air dingin dalam panci di atas api sedang. Tutup. Didihkan. Kurangi panas hingga ke suhu rendah. Didihkan dengan api kecil, tutup selama 12 menit atau hingga beras telah menyerap air. Angkat dari perapian. Tutupi selama 10 menit. Pindahkan ke piring keramik besar. Aduk nasi dengan spatula plastik untuk memecah gumpalannya. Secara bertahap tambahkan 1/4 cangkir bumbu sushi sambil mengangkat dan membalik nasi hingga dingin. Tutup. Dinginkan.

Campurkan saus teriyaki, bawang putih dan jahe dalam gelas dangkal besar atau piring keramik. Tambahkan daging sapi. Balik hingga melapisi. Tutup. Dinginkan selama 3 jam atau semalam, jika waktunya memungkinkan.

Angkat nasi dari lemari es. Panaskan piring barbekyu atau chargrill pada api sedang/tinggi. Tiriskan daging sapi. Masak daging sapi selama 3 hingga 4 menit setiap sisihnya hingga matang sesuai dengan keinginan kalian. Pindahkan ke piring. Tutup dengan foil selama 10 menit.

Tempatkan mentimun, bawang dan cabai dalam mangkuk. Siram dengan minyak dan bumbu sushi yang tersisa. Aduk hingga tercampur. Iris tipis daging sapi. Bagi nasi ketan menjadi empat piring, dengan takaran 1 1/4 cangkir atau cetakan. Tuangkan ke piring saji. Sajikan nasi dengan irisan daging sapi dan salad mentimun. Taburi dengan biji wijen.

Source : japanbullet.com
COMMENT