SHARE THIS ARTICLE

Rei Narita, Jazz Untuk Semua Orang (4)

Bagi Rei Narita, jazz bukan hanya musik milik satu atau dua saja tetapi harus dapat dinikmati oleh semua orang. Oleh karena itu smooth jazz baginya adalah sebuah pilihan yang harus dia ambil untuk dapat menyebarkan keindahan musik ini ke semua orang. Dalam kunjungannya yang kelima di Ennichisai 2016, pianis Jepang ini menyempatkan diri untuk menceritakan pengalaman bermusiknya dan perasaannya tentang Indonesia. Berikut penuturannya untuk japanesestation.com:

Hai Rei Narita, dalam kunjungan yang kelima ini, bagaimana pendapatmu tentang Indonesia?
Rei Narita: Indonesia menyenangkan untuk dikunjungi karena banyak anak muda yang suka dengan musik jazz. Luar biasa.

Bisa diceritakan kenapa memilih smooth jazz sebagai genre bermusik?
Rei Narita: Dulu waktu masih kecil saya suka sekali dengan fushion jazz. Itu banyak mempengaruhi gaya bermusik saya yang kemudian mengantarkan saya kepada smooth jazz. Begitu saya mengenalnya, saya langsung menceburkan diri di sana karena bila dibandingkan jazz pada umumnya, genre ini lebih cenderung pop jadi orang biasa akan lebih gampang mencerna.

Rei Narita, Jazz Untuk Semua Orang (3)

Ada influencer yang Rei ikuti dalam perjalanan tersebut?
Rei Narita: Influence bermusik saya ya fushion jazz dari Amerika, Livingston. Banyak band yang yang saya dengarkan sebelum saya main piano. Sebesar itu pengaruhnya dalam perkembangan musik saya.

Sejauh ini adakah musisi Indonesia yang Rei ingin ajak berkolaborasi?
Rei Narita: Regina Poetriray. Kami sudah pernah berkolaborasi dalam satu panggung tetapi untuk ke depannya saya ingin bisa membuat lagu bersama. Suaranya bagus dan atmosfir yang dia timbulkan menyenangkan jadi sangat nyaman untuk diajak bekerjasama.

Bagaimana pendapat Rei tentang event Jepang seperti Ennichisai ini?
Rei Narita: Sangat senang karena banyak yang suka lagu Jepang di sini. Oleh karena itu di samping lagu sendiri, saya juga akan membawakan lagu Jepang yang nanti diaransemen ulang bergaya smooth jazz. Pertama kali di Ennichisai ini.

Rei Narita, Jazz Untuk Semua Orang (1)

Adakah hobi lain selain bermusik?
Rei Narita: Saya suka fotografi. Nanti saat tampil akan ada slide show yang ditayangkan. Itu semua hasil karya saya saat mengabadikan pemandangan di jepang.

Adakah pengalaman menarik sewaktu tampil di Indonesia?
Rei Narita: Saat saya membawakan lagu Afgan dan Raisa. Sangat menyenangkan melihat semua penonton menyanyi bersama. Saya sangat tersentuh.

Pernah bertemu fans di jalan? Apa reaksi mereka?
Rei Narita: Pernah beberapa kali. Dipanggil namanya. Sangat menyenangkan.

Rei Narita, Jazz Untuk Semua Orang (2)

Untuk Rei, Jazz itu apa?
Rei Narita: Jazz adalah media yang dapat mengekspresikan perasaan ke semua orang. Saya memainkannya secara instrumental jadi tidak ada language barrier. Semua perasaan dapat tersampaikan dengan baik.

Terakhir, apa makanan favorit Rei?
Rei Narita: Nasi goreng! Bakmi rebus juga enak!

(photos by Amozy Audrey)

COMMENT