SHARE THIS ARTICLE

Jika anda membayangkan ramen, sudah pasti yang tersirat di dalam pikiran anda adalah mi rebus panas dengan kuah bening nan gurih. Ya, ramen tradisional memang umumnya memiliki kuah yang bening.

black-ramenWalaupun begitu, seiring berjalannya waktu, hidangan khas Jepang ini semakin berkembang. Seperti sekarang ini, muncul banyak varian ramen dengan kuah kental berwarna merah yang berasal dari penggunaan cabai yang cukup banyak. Bahkan, yang terbaru muncul ramen dengan kuah hitam pekat yang banyak membuat orang penasaran dan tertarik mencicipinya.

Ramen kuah hitam tersebut merupakan sebuah menu yang dimiliki restoran Yona Yona Beer Kitchen di daerah Nagata, Jepang.

Sajian tersebut diberi nama ramen Tsukimi. Hidangan ini terdiri atas mi kuning Jepang yang berselimutkan kuah hitam dan disajikan bersama kuning telur mentah serta irisan bakso ikan.

Kuning telur yang mentah akan matang dengan sendiri saat Anda mengaduknya, karena kuah ramen yang masih panas.

Biasanya, hidangan dengan warna hitam pekat dibuat menggunakan tinta cumi-cumi. Namun, tidak dengan yang satu ini. Kuah hitam ramen ini dibuat menggunakan ma-yu yang merupakan bawang putih yang di-infuse minyak wijen.

Bisa ditebak, cita rasanya sangat gurih, karena bawang putih yang digunakan cukup banyak plus sentuhan rasa dan aroma yang khas dari minyak wijen

Source : rancahpost.co.id
COMMENT