SHARE THIS ARTICLE

Jepang punya banyak tempat bersejarah yang menarik untuk didatangi. Salah satunya Odaiba di Tokyo, yaitu pulau-pulau buatan dan punya meriam besar untuk menghalau musuh. Tapi kini, jadi tempat belanja. Seperti apa?

odaiba (1)
Salah satu pulau Odaiba di Tokyo

Di masa lalu, Tokyo yang menjadi tempat pusat pemerintahan Jepang seringkali mendapatkan serangan dari laut. Pemerintah ‘Negeri Sakura’ pun membangun sejumlah pulau untuk melindungi kota dan pulau-pulaunya masih ada hingga sekarang.

Tokyo berada di wilayah teluk, yang membuatnya menjadi kawasan pelabuhan yang strategis. Kota yang berada di Pulau Honshu ini juga merupakan pusat pemerintahan karena terdapat istana kekaisaran Jepang di dalamnya.

Pihak-pihak asing yang hendak menginvasi Jepang pada masa lalu pun menjadikan Tokyo sebagai sasaran utama. Di era perang kuno, invasi melalui jalur laut merupakan satu-satunya jalan ke negara kepulauan yang terpisah dari daratan benua Asia ini.

Hal itu membuat Jepang menerapkan sistem pertahanan khusus guna melindungi Tokyo. Pada tahun 1850, dibangunlah enam pulau buatan dengan cara mengurug tanah ke Teluk Tokyo. Dengan begitu, kapal-kapal musuh tidak bisa dengan mudah langsung menerobos masuk.

Di enam pulau buatan itu diletakkan meriam-meriam lengkap dengan pelurunya, untuk menghalau serangan lawan. Pulau-pulaunya kemudian diberi nama Odaiba, yang artinya meriam besar!

Komodor Matthew Perry dan anak buahnya dari kesatuan angkatan laut Amerika Serikat dibuat kewalahan pada tahun 1853. Mereka tidak bisa masuk ke Tokyo lantaran ada halangan dari meriam-meriam dari Odaiba ini.

Seiiring waktu berjalan, Jepang akhirnya kalah pada Perang Dunia II. Setelah itu, Jepang lantas memfokuskan diri pada perekonomiannya. Tokyo pun berkembang menjadi kota metropolitan modern.

Odaiba yang sudah teronggok, tidak ditinggalkan begitu saja. Pemerintah Jepang malah menggunakan kawasan ini sebagai bagian dari Greater Tokyo. Ada satu pulau buatan yang dilebarkan dan menjadi salah satu kawasan komersial di Jepang dan diberi nama Daiba.

Sedangkan pulau-pulau Odaiba lainnya juga masih terawat. Beberapa di antaranya dijadikan taman yang seperti mengapung di tengah Teluk Tokyo. Pulau-pulau tersebut terlihat dengan jelas di Jembatan Rainbow yang menghubungkan Daiba dengan pusat Tokyo.

odaiba (2)
Ada juga Patung Liberty di sini

Cukup banyak masyarakat Jepang yang datang mengunjungi Daiba. Lokasi itu sendiri menjadi tempat perbelanjaan yang sangat populer di kalangan masyarakat Tokyo dan sekitarnya. Di dalamnya juga terdapat sejumlah tempat-tempat menarik seperti Miraikan, Museum Inovasi dan Teknologi Jepang, Fune no Kagakukan, Musem Maritim Jepang dan juga replika Patung Liberty.

Tertarik datang ke sana?

Source : travel.detik.com
COMMENT